8 Peristiwa Penting pada 3 Juni, Mulai Pesawat Jatuh hingga Jepang Bom Pulau di AS

Oleh: Mufit
Senin, 03 Juni 2024 | 17:00 WIB
Ilustrasi Jepang mengebom Pulau Unalaska di Alaska. (Foto/Freepik)
Ilustrasi Jepang mengebom Pulau Unalaska di Alaska. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Tanggal 3 Juni 2024 jatuh pada Senin. Namun, tanggal tersebut tidak hanya hitungan angka saja, melainkan menyimpan sejarah peristiwa penting yang telah terjadi di belahan dunia pada tahun-tahun sebelumnya. 

Nah, beberapa sejarah peristiwa penting tak bisa lekang oleh waktu. Lantas, apa saja peristiwa penting yang terjadi di belahan dunia ini pada tanggal tersebut?

Berdasarkan penelusuran beritanasional.com dari berbagai sumber pada Senin (3/6/2024), berikut delapan peristiwa penting yang terjadi pada 3 Juni:

1. Pada 2012, pesawat jatuh

Pesawat yang mengangkut 153 penumpang jatuh di Kota Lagos, Nigeria. Semua orang di dalam pesawat itu tewas akibat peristiwa tersebut. Enam orang lain di luar pesawat juga tewas terkena serpihan badan pesawat yang jatuh.

2. Pada 2009, kebijakan pernikahan sesama jenis dilegalkan 

New Hampshire menjadi negara bagian ke-6 di Amerika Serikat (AS) yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Gubernur New Hampshire, John Lynch, menandatangani undang-undang yang melegalkan pernikahan sesama jenis itu setelah mendapatkan dukungan dari warga.

3. Pada 1999, India dan Pakistan perang

India dan Pakistan kembali berperang merebutkan wilayah distrik Kargil, Kashmir. Pihak India menuding tentara Pakistan telah melanggar wilayah perbatasan, sedangkan pihak Pakistan mengaku hanya ingin meredakan pemberontakan di Kargil. Setelah pertempuran usai, wilayah Kargil yang sebelumnya milik Pakistan justru berhasil dicaplok India.

4. Pada 1989, Pemimpin Agung ke-1 Republik Islam Iran meninggal

Pemimpin Agung ke-1 Republik Islam Iran Sayyid Ayatollah Ruhollah Khomeini meninggal dunia pada usia 86 tahun. Dia memimpin Iran hampir 10 tahun sejak 1979.

5. Pada 1943, pasukan Uni Soviet menembak jatuh 162 pesawat tempur milik Jerman

Pasukan Uni Soviet menembak jatuh 162 pesawat tempur milik Jerman yang menyerang Kota Kursk, Rusia. Jerman menggunakan sedikitnya 500 pesawat tempur untuk melancarkan serangan selama 10 jam ke Kota Kursk. Peristiwa itu memicu Pertempuran Kursk yang dimenangi Uni Soviet.

6. Pada 1942, Pasukan Jepang mengebom Pulau Unalaska di Alaska, Amerika Serikat (AS)

Pasukan Jepang mengebom Pulau Unalaska di Alaska, Amerika Serikat (AS), dan memulai Operasi Kepulauan Aleutian. Operasi itu bertujuan merebut Kepulauan Aleutian di kawasan Alaska dari tangan AS.

7. Pada 1839, Kaisar Dinasti Qing di Tiongkok, Lin Zexu 

Kaisar Dinasti Qing di Tiongkok, Lin Zexu, memerintahkan untuk menghancurkan opium yang dikirim Inggris untuk dijual di Tiongkok. Lin Zexu tak ingin Inggris memonopoli perdagangan di kawasan yang ia kuasai. Peristiwa itu memicu terjadinya Perang Opium I.

8. Pada 1621, Hindia Barat Belanda memonopoli tanah Amerika Serikat 

Perusahaan Perdagangan Hindia Barat Belanda diberikan hak untuk memonopoli sebagian tanah Amerika yang lantas disebut sebagai New Netherland. 

Kini, kawasan New Netherland menjadi bagian dari New York, New Jersey, Delaware, dan Connecticut di Amerika Serikat (AS).sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: