Indonesia Punya Potensi Obat Herbal yang Sangat Kaya, Begini Kata BRIN

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 04 Juni 2024 | 21:00 WIB
Ilustrasi tumbuhan herbal. (Foto/Freepik)
Ilustrasi tumbuhan herbal. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Indonesia memiliki potensi obat herbal yang sangat besar karena sumber daya keanekaragaman hayati yang melimpah.

"Secara umum mestinya kita bisa menggantikan semua bahan baku obat," kata Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan sekitar 30 ribu spesies dari biodiversitas telah teridentifikasi. Namun, obat herbal berstandar masih sangat sedikit, yaitu baru 76 obat.

Laksana menuturkan, jika bisa dioptimalkan secara baik, keanekaragaman hayati itu dapat menciptakan kedaulatan obat dan kesehatan bagi Indonesia. 

Dengan begitu, insiden berebut obat dan kelangkaan obat yang terjadi saat era pandemi Covid-19 tidak terulang.

"Itu (bahan baku obat) salah satu bentuk kedaulatan dan ketahanan era modern ini yang justru jauh lebih penting daripada bukan hanya masalah perang," kata Handoko.

Dia menyampaikan membuat bahan baku alam menjadi obat-obatan butuh proses yang cukup panjang tidak hanya dari aspek riset, tetapi juga aspek pengembangan teknologi proses.

Sejumlah tumbuhan, kata dia, diketahui bisa menjadi bahan baku parasetamol. Namun, membuat mesin yang bisa memproses tumbuhan menjadi parasetamol secara konsisten masih menjadi tantangan. 

Pihaknya terus berusaha menjalin berbagai kerja sama dengan industri kesehatan agar Indonesia dapat menciptakan obat dan alat kesehatan secara mandiri berbekal sumber daya biodiversitas tersebut.

"Industri yang membuat mesin tidak ada di Indonesia. Itu sebabnya mau tidak mau kita harus bermitra dengan industri manufaktur," ujarnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: