Puan Sarankan Pemerintahan Presiden Jokowi Libatkan Prabowo untuk Pilih Kepala Otorita IKN

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 04 Juni 2024 | 16:29 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (tengah). (BeritaNasional/Elvis).
Ketua DPR RI Puan Maharani (tengah). (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Ketua DPR RI Puan Maharani angkat bicara soal Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe mengundurkan diri sebagai Kepala Otorita dan Wakil Kepala Ibu Kota Nusantara (IKN). Ia berharap mundurnya kedua orang tersebut tidak memberikan dampak terhadap pembangunan IKN.

“Kemudian semoga mundurnya Ketua dan Wakil Ketua Otorita IKN itu tidak menghambat apa yang akan terjadi dikemudian hari terkait pelaksanaan IKN kedepan,” ungkap Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Dia juga mengharapkan pemerintah bisa transparan mengenai alasan keduanya mundur dari jabatan tersebut. Sehingga, kata Puan, tidak ada persepsi buruk di publik ke depannya.

“DPR mengharapkan agar pemerintah bisa transparan bisa menjelaskan kenapa ketua dan wakil ketua otorita IKN itu mundur,” tutur Puan.

Selain itu, Politisi PDIP ini menyarankan kepada pemerintah sekarang untuk bisa melibatkan tim dari pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua Otorita IKN.

"Sebaiknya pemerintah sekarang berbicara dengan pemerintah yang akan datang siapa yang kemudian akan dipilih menjadi kepala IKN definitif yang akan datang," tandasnya.

Sebelumnya diketahui Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan Wakil Otorita IKN Dhony Rahajoe mengundurkan diri dari jabatannya. Pengumuman pengunduran diri itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam konferensi pers Istana, Jakarta, Senin (3/6/2024). Istana menerima surat pengunduran diri tersebut dari beberapa waktu yang lalu.

"Di beberapa waktu yang lalu, bapak presiden menerima surat pengunduran diri dari Pak Dhony Rahajoe, selaku wakil kepala otorita IKN," kata Pratikno.

"Kemudian, beberapa waktu berikutnya, pak presiden juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari bapak Bambang Susantono sebagai kepala Otoritas IKN," imbuhnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: