Kaesang Ingin Duet dengan Anies, Begini Kata Pengamat

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 06 Juni 2024 | 09:15 WIB
Kaesang Pangarep. (Foto/Instagram: Kaesang)
Kaesang Pangarep. (Foto/Instagram: Kaesang)

BeritaNasional.com - Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul menilai keinginan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep untuk berduet dengan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan realistis.

Menurut pengamat politik ini, Kaesang bisa memanfaatkan Anies yang merupakan tokoh potensial untuk memenangi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

“Kaesang realistis dengan kondisi yang minim pengalaman politik. Kalau mau menang, ya memang harus berduet dengan Anies,” ujar Adib kepada Beritanasional.com pada Rabu (5/6/2024). 

Adib menilai Jakarta merupakan kandang Anies. Selain itu, dia menduga PKS dan Partai NasDem berpotensi mengusung Anies kembali sebagai petahana.

“Dari situlah, saya kira pernyataan kaesang itu masuk akal. Dengan begitu, dia punya keuntungan dan bisa magang dulu sebagai cawagub,” tuturnya. 

Adib juga menilai Jakarta punya gengsi dan nilai yang berbeda dengan daerah-daerah lain. Menurut Adib, Kaesang bisa mendulang banyak keuntungan jika berduet dengan eks gubernur Jakarta itu. 

“Jakarta itu barometer, beda dengan daerah lain. Jadi, gengsi dan nilainya dalam politik itu beda. Kalau Kaesang bisa berduet dengan Anies, dia bakal sangat diuntungkan,” kata dia.

Sebelumnya, Kaesang menyampaikan keinginannya berduet dengan Anies di Pilgub Jakarta 2024 dalam kanal YouTube pribadinya. 

“Kalau disuruh pilih, pilih Jakarta. Mungkin duet sama Pak Anies kali ya,” ujar Kaesang sebagaimana dikutip dari YouTube GK Hebat, Senin (3/6/2024).

Kaesang mengatakan PSI memiliki kekuatan delapan kursi di DPRD dan cukup banyak untuk mengusung dirinya dengan Anies di Pilgub Jakarta 2024. 

"Ya, kalau Pak Anies mau. Kan posisinya Pak Anies belum ada partai, sedangkan aku di Jakarta ada delapan kursi, bisa (maju) kalau mau," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: