Pertaruhan Reputasi Oposisi Anies jika Berduet dengan Kaesang, Begini Kata Pengamat

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 09 Juni 2024 | 18:43 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Direktur Eksekutif Indonesian Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menduga eks Capres Anies Baswedan tidak bakal berpasangan dengan Ketum PSI Kaesang Pangarep di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. 

Menurut Dedi, Anies tak ingin citranya sebagai oposisi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) luntur jika berduet dengan Kaesang.

“Anies tidak mungkin menerima dan bersedia berpasangan dengan Kaesang karena akan runtuhkan reputasi sebagai tokoh kontra Jokowi,” ujar Dedi kepada Beritanasional.com pada Minggu (9/6/2024). 

Selain itu, dia menilai Kaesang merupakan tokoh yang baru dalam konstelasi politik Jakarta dan mengingatkan kekalahannya terhadap Gibran Rakabuming Raka. 

“Bahkan, nuansa pertarungannya akan diupayakan serupa. Dan, ini jelas tidak mungkin bagi Anies,” tuturnya.

Karena itu, dia menduga pernyataan Kaesang yang ingin berduet dengan Anies dalam Pilgub Jakarta 2024 hanya gimik. 

“Statement Kaesang lebih kepada gimik saja,” katanya.

Sebelumnya, Kaesang menyampaikan keinginannya berduet dengan Anies di Pilgub Jakarta 2024 dalam kanal YouTube pribadinya.

“Kalau disuruh pilih, pilih Jakarta. Mungkin duet sama Pak Anies kali ya,” ujar Kaesang sebagaimana dikutip dari YouTube GK Hebat, Senin (3/6/2024).

Kaesang mengatakan PSI memiliki kekuatan delapan kursi di DPRD dan cukup banyak untuk mengusung dirinya dengan Anies di Pilgub Jakarta 2024.

"Ya kalau Pak Anies mau. Kan posisinya Pak Anies belum ada partai, sedangkan aku di Jakarta ada 8 kursi, bisa (maju) kalau mau," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: