Bahas Anggaran, Komisi I Gelar Rapat Tertutup dengan Kemenhan dan TNI

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 12 Juni 2024 | 12:39 WIB
MPR RI. (Ashar/SinPo.id)
MPR RI. (Ashar/SinPo.id)

BeritaNasional.com - Komisi I DPR RI menggelar rapat dengan Kementerian Pertahanan dan TNI pada Rabu (12/6/2024). 

Rapat ini membahas realisasi anggaran tahun 2023 dan rancangan anggaran 2025.

Pada rapat hari ini, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tidak dapat hadir karena masih menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi di Yordania. Prabowo diwakili Wamenhan Muhammad Herindra.

"Komisi I telah menerima surat dari Sekjen Kementerian Pertahanan nomor B/1013/6/2024 tanggal 5 Juni 2024 penyampaian delegasian undangan rapat kerja dalam suratnya menjelaskan bahwa Menhan mendelegasikan wakil menteri pertahanan untuk menghadiri undangan rapat kerja bersama Komisi I pada hari ini 13 Juni 2024 dikarenakan Bapak menhan mewakili presiden RI saat ini tengah menghadiri konferensi Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza di Yordania," ujar Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Meutya mengatakan, kehadiran Prabowo dalam KTT itu sesuai dengan rapat Komisi I dan Kementerian Pertahanan untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

"Ini juga sesuai raker kita sebelumya dengan Kemhan dan TNI khususnya meminta kepada Kemhan juga mendukung amanat UUD khususnya terkait dengan kemerdekaan Palestina," kata Meutya.

Sementara, dalam rapat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali tidak bisa hadir karena melaksanakan ibadah haji.

Kemudian, Meutya melanjutkan membuka rapat ini. Karena membahas Alutsista, maka rapat digelar secara tertutup.

"Karena rapat ini bersifat anggaran yang tentunya menyangkut alutsista maka rapat ini biasanya dilakukan ecara tertutup. Dari pimpinan tetap akan menawarkan kepada pemerintah apakah rapat ini perlu dilakukan dengan sifat tertutup?" katanya.

"Baik saya rasa cukup dengan demikian saya meminta persetujuan untuk membuka rapat dengan sifat tertutup," pungkasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: