Jika Tidak Bersalah di Kasus Harun Masiku, Hasto Disarankan untuk Tak Perlu Cemas

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 14 Juni 2024 | 06:39 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto setelah menjalani pemeriksaan oleh KPK. (BeritaNasional/Panji Septo).
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto setelah menjalani pemeriksaan oleh KPK. (BeritaNasional/Panji Septo).

BeritaNasional.com - Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menyarankan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto untuk tidak cemas terkait kasus suap eks Caleg PDIP Harun Masiku.

Hal itu dikatakannya berkaitan dengan penyitaan handphone yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengungkap keberadaan buronan Harun Masiku.

“Saran saya Hasto tak perlu galau kalau dia tak bersalah, saya pikir aman-aman saja,” ujar Jerry kepada Beritanasional.com, Kamis (13/6/2024).

Akan tetapi, Jerry menilai Hasto memiliki gestur yang menunjukkan dirinya cemas dan panik saat KPK melakukan penyitaan.

“Ya, akan tetapi bahasa non verbal bahkan verbal Hasto ada sebuah kepanikan dan ketakutan saat handphonenya disita,” tuturnya.

Menurut Jerry, langkah KPK menyita handphone Hasto sudah tepat. Sebab, lembaga antirasuah sedang berupaya membongkar kasus tersebut.

“Memang dibutuhkan untuk membongkar apakah ada pembicaraan antara Harun Masiku dengan Hasto. Oleh karena itu harus disita,” kata dia.

Ia yakin KPK bisa bersikap transparan jika tak menemukan apapun di handphone Hasto. Sebaliknya, dirinya meyakini lembaga antirasuah akan mengungkap ke publik jika menemukan sesuatu.

“Saya sangat yakin ada rahasia yang akan terungkap jika memang ada yang dihapus. Kan,ada aplikasi untuk mengembalikan kembali percakapan seseorang,” ujar Jerry.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: