KPK Buka Suara soal Hasto yang Kedinginan di Ruang Pemeriksaan

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 13 Juni 2024 | 21:43 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto/PDIP)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto/PDIP)

BeritaNasional.com - Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Asep Guntur Rahayu angkat suara terkait Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang kedinginan saat menjalani pemeriksaan di gedung Merah Putih KPK.

Adapun Hasto diperiksa terkait buronan kasus suap eks Caleg PDIP Harun Masiku, Hasto mengaku kedinginan dan ditinggal beberapa kali oleh tim penyidik KPK.

“Terkait fasilitas yang ada di sini dilengkapi kamera CCTV kemudian AC sentral. Kami enggak bisa mengubah-ubah,” ujar Asep di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (13/6/2024).

Menurut Asep, pihaknya tak bisa menaikkan atau menurunkan suhu di ruangan secara sepihak.

Ia juga menjawab soal tim penyidik yang disebut Hasto sering meninggalkannya dalam agenda tersebut. Menurutnya, hal itu dilakukan agar Hasto memiliki waktu untuk sendiri.

“Kami memberikan waktu kepada saksi ataupun bahkan tersangka pada saat makan siang, diberikan waktu untuk istirahat, dan sembahyang,” tuturnya.

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto mengaku kedinginan saat diperiksa kurang lebih empat jam oleh tim penyidik KPK.

Dalam pemeriksaan yang berlangsung selama 4 jam tersebut, Hasto mengaku hanya melakukan percakapan intens dengan tim penyidik lembaga antirasuah 1,5 jam saja. 

"Saya di dalam ruangan yang sangat dingin hampir sekitar 4 jam dan bersama penyidik face to face paling hanya 1,5 jam. Sisanya ditinggal kedinginan," ujar Hasto.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: