Pengamat Duga Anies Tak Bisa Pastikan Kemenangan Jika Melawan Duet Ini

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 16 Juni 2024 | 20:00 WIB
Anies Baswedan dalam sebuah acara (Beritanasional/Oke Atmaja)
Anies Baswedan dalam sebuah acara (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul menduga eks Capres Anies Baswedan belum bisa memastikan kemenangan dalam Pilkada Jakarta 2024.

Menurut Adib, hal tersebut bisa terjadi apabila eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketum PSI Kaesang Pangarep bergabung untuk mengalahkan Anies.


“Belum tentu juga Anies bisa menang kalau melawan Ridwan Kamil dan Kaesang di Jakarta,” ujar Adib kepada Beritanasional.com, Minggu (16/6/2024).


Ia menilai Kaesang punya aset yang bagus sebagai representasi anak muda. Selain itu, Adib juga menilai PSI cukup baik di Jakarta.


Selain itu, Adib menilai konstelasi politik di Jakarta tidak selalu memihak kepada Anies. Salah satu contohnya adalah Partai NasDem yang menarik diri.

“Kalau dilihat Partai Nasdem misalnya setelah pilpres juga cenderung kan bubar dengan Anis. Mesin partai juga tidak maksimal,” tuturnya.

Adib menilai Pilkada Jakarta sangat cair sehingga Anies belum tentu mendominasi pertarungan memperebutkan posisi gubernur.

“Belum tentu juga anies bakal mendominasi mayoritas. Kalau dilawan misalnya RK dan Kaesang menurut saya juga seru dan menurut saya ini lebih imbang,” kata dia.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: