Pengamat Duga Ridwan Kamil Didorong Untuk Tandingi Anies dan Ahok

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 18 Juni 2024 | 12:15 WIB
Politisi Partai Golkar Ridwan Kamil. (Foto/instagram/ridwankamil)
Politisi Partai Golkar Ridwan Kamil. (Foto/instagram/ridwankamil)

BeritaNasional.com - Analis politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Indonesia Arifki Chaniago menilai eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) menjadi alternatif yang dipersiapkan untuk mengikuti Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. 

Menurut dia, RK merupakan tokoh yang cukup kuat untuk menandingi dua figur, yakni eks capres Anies Baswedan dan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

“RK ini merupakan alternatif untuk mengalahkan Anies dan Ahok. Karena itu, namanya muncul,” ujar Arifki kepada Beritanasional.com pada Selasa (18/6/2024). 

Meski demikian, dia menilai potret survei RK belum bisa menandingi keduanya di Pilgub Jakarta 2024. Menurut dia, RK hanya akan berada di urutan ketiga. 

“Kalau kami membaca, tentu potensi RK menang kecil meski berusaha di Jakarta. Saat ini dia berada di urutan nomor tiga dibandingkan Anies dan Ahok,” tuturnya. 

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menuturkan DPP Partai Golkar masih mengevaluasi dan memantau elektabilitas RK melalui survei. 

"Jadi, sesuai dengan kesepakatan, kami akan terus evaluasi sampai Juli. Tentu akan evaluasi siapa yang maju. Kami tunggu survei juga," ujar Airlangga. 

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia juga mengatakan partainya belum membahas duet RK dan Ketum PSI Kaesang Pangarep di Pilgub Jakarta 2024. 

"Belum. Jangankan pasangannya, siapa jadi calon gubernur di DKI, kami belum sampai final, apalagi wakilnya," ujar Doli.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: