Alex Tegaskan Tidak Pernah Berkomunikasi dengan SYL

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 19 Juni 2024 | 17:39 WIB
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto/Oke Atmaja)
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata, membantah pernah menghubungi mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Bantahan ini dilontarkan Alex sebagai respons terhadap kesaksian Sekjen Kementan nonaktif, Kasdi Subagyono, yang menyebut Alex pernah meminta bantuan program untuk kampung halamannya kepada SYL.

Menurut Alex, fotonya telah digunakan oleh seseorang di aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi dengan SYL.

"Percakapan WhatsApp antara Mentan dengan seseorang yang menggunakan foto profil saya," ujar Alex dalam keterangan tertulis, Rabu (19/6/2024).

Alex mengaku tidak pernah memiliki nomor ponsel SYL atau pejabat Kementan yang saat ini sedang berperkara di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat.

Ia juga menyatakan telah memberikan klarifikasi kepada Dewan Pengawas (Dewas) KPK dan belum ditemukan bukti pelanggaran etik terkait percakapan tersebut.

"Saya sudah diklarifikasi Dewas dan sejauh ini tidak ada bukti saya berkomunikasi dengan Mentan atau pejabat Kementan yang sedang berperkara," kata Alex.

Sebelumnya, Kasdi mengungkap percakapan Alex dengan SYL dalam sidang.

"Antara Pak Menteri dengan salah satu pimpinan KPK. Pada waktu itu adalah Pak Alex Marwata," ujar Kasdi di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2024).

Menurutnya, percakapan antara SYL dan Alex tidak membahas pengusutan kasus gratifikasi dan pemerasan di Kementan, melainkan berisi permintaan Alex agar kampungnya di Klaten, Jawa Tengah, dibantu melalui program.

"Kalau saya tidak salah waktu itu ditunjukkan bahwa Pak Alex minta bantuan untuk kampungnya, Klaten, untuk didukung programnya Pak Menteri," tuturnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: