Hasil Pertandingan Grup A Euro 2024: Jerman Menang dari Hungaria, Skotlandia vs Swiss Berakhir Imbang

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 20 Juni 2024 | 06:48 WIB
Timnas Jerman di Euro 2024. (Foto/eufa.com).
Timnas Jerman di Euro 2024. (Foto/eufa.com).

BeritaNasional.com - Timnas Jerman berhasil memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2024 usai mengalahkan Hungaria 2-0 dalam lanjutan grup A yang berlangsung di Stuttgart Arena, Rabu (19/6/2024) malam.

Gol kemenangan Jerman dilesatkan oleh Jamal Musiala pada menit ke-22 dan Ilkay Gundogan di menit ke-67. Sedari awal pertandingan berlangsung ketat, kedua tim sama-sama ingin meraih kemenangan untuk bisa meraih tiket ke babak selanjutnya.

Bahkan, Hungaria lebih dominan dibanding Jerman dengan menghadirkan banyak peluang. Namun, Jerman yang sebagai tuan rumah Euro 2024 bisa mencetak gol melalui Jamal Musiala di menit ke-22.

Gol ini bermula dari tidak sigapnya pemain Hungaria Willi Orban saat berduel dengan Ilkay Gundogan dan beberapa pemain menganggap hal itu sebagai pelanggaran. Wasit tidak meniup peluit, dan Gundogan terus membawa bola sampai memberikan umpan ke Jamal Musiala dan sukses mencetak gol. Skor 1-0 bagi Jerman.

Setelah itu tempo pertandingan berjalan menurun. Hingga babak pertama berakhir skor 1-0 keunggulan bagi Jerman.

Di. babak kedua, Der Panzer masih memegang jalannya pertandingan. Gol kedua yang ditunggu oleh Jerman pun akhirnya datang lewat Gundogan.

Awalnya skema kerja sama apik antara Toni Kroos dan Musiala berujung umpan ke sisi kanan pertahan Hungaria. Setelahnya Maximilian menguasai bola dan memberikan umpan silang kepada Gundogan yang berada di depan gawang. Gol, skor pun berubah menjadi 2-0.

Hingga pertandingan berakhir skor 2-0 kemenangan Jerman atas Hungaria. Hasil ini memastikan Jerman lolos ke babak 16 besar usai menang sebanyak dua pertandingan. 

Sementara, pertandingan pertandingan Skotlandia vs Swiss yang berlangsung di Cologne Stadium, Kamis (20/6/2024) dini hari WIB harus berakhir imbang.

Sejatinya Skotlandia membuka gol lebih dulu lewat sepakan keras Scott McTominay yang berbelok arah karena mengenai pemain Swiss dan kiper Yann Sommer tak bisa menjangkaunya. Skor 1-0 bagi Skotlandia.

Swiss pun merespons permainan Skotlandia. Pada menit ke-26 Xherdan Shaqiri melepaskan tembakan melengkung terarah dan kiper Angus Gunn tidak bisa menjangkaunya. Skor berubah menjadi 1-1.

Swiss sejatinya mencetak gol pada menit ke-32 melalui Dan Ndoye namun dianulir wasit setelah melihat VAR berada di posisi offside. Begitu juga di menit ke-82, gol Swiss kembali dianulir ysai Breel Embolo sudah berada di posisi offside.

Hingga akhir pertandingan skor berakhir imbang 1-1 dan kedua tim harus puas meraih satu poin.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: