ASUS Zenbook 14 OLED: Laptop Tipis Bertenaga AI

Oleh: Imantoko Kurniadi
Kamis, 20 Juni 2024 | 13:00 WIB
ASUS Zenbook 14 OLED (UM3406HA). (Foto/ASUS)
ASUS Zenbook 14 OLED (UM3406HA). (Foto/ASUS)

BeritaNasional.com -  ASUS telah resmi meluncurkan ASUS Zenbook 14 OLED (UM3406HA), laptop AI pertama dari ASUS yang dilengkapi dengan AMD Ryzen 8840HS.

Prosesor terbaru ini memiliki fitur Ryzen AI yang memungkinkan pemrosesan aplikasi berbasis AI secara lebih optimal dan hemat daya. Zenbook 14 OLED menawarkan kenyamanan luar biasa bagi pengguna dengan layar ASUS Lumina OLED, daya tahan baterai sepanjang hari, serta desain premium dan portabel dengan berat hanya 1,2 kg dan ketebalan 14,9mm, cocok untuk mendukung produktivitas atau hiburan kapan saja dan di mana saja.

Desain Premium

Perangkat yang memiliki bandrol harga Rp 16 jutaan ini  adalah laptop AI 14-inci paling ringkas dan ringan di dunia dengan ketebalan hanya 14,9 mm dan bobot 1,2 kg. Laptop ini 10% lebih ringkas dibandingkan generasi sebelumnya, membuatnya lebih mudah dibawa bepergian dan ideal untuk mendukung produktivitas di mana saja dan kapan saja.

Daya tahan baterai merupakan fitur penting dalam mendukung mobilitas dan produktivitas. Zenbook 14 OLED memiliki baterai berkapasitas besar 75Wh yang mampu menemani aktivitas pengguna sepanjang hari. Dilengkapi dengan fitur USB-C Easy Charge, baterai laptop ini dapat diisi ulang menggunakan adaptor USB-C atau bahkan power bank, memberikan fleksibilitas lebih.

Prosesor Terkini

ASUS Zenbook 14 OLED ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 8840HS dan chip grafis terintegrasi AMD Radeon terbaru. Prosesor ini memiliki Ryzen AI yang dikhususkan untuk memproses aplikasi berbasis AI, memungkinkan aplikasi dan fitur AI berjalan lebih baik tanpa menguras daya berlebih. Dengan penyimpanan SSD 512 GB, RAM 16 GB, dan WiFi 6E (802.11ax), Zenbook 14 OLED  adalah laptop ultraportable premium terbaik saat ini.

Layar ASUS Lumina OLED menawarkan kualitas visual yang sangat jernih dengan kecerahan hingga 600-nits, rasio layar 16:10 untuk produktivitas maksimal, dan bezel ultra-tipis dengan screen-to-body ratio 87%. Teknologi Adaptive Sync memastikan refresh rate layar diatur otomatis untuk visual yang lebih halus.

Zenbook 14 OLED menyediakan berbagai port I/O modern, seperti dua port Thunderbolt 4, USB 3.2 Gen 1 Type-A, HDMI 2.1 (TMDS), dan jack audio 3.5 mm, menjadikannya praktis untuk digunakan tanpa perlu dongle tambahan.

Fitur Canggih

Zenbook 14 OLED  dilengkapi berbagai fitur canggih untuk meningkatkan pengalaman komputasi mobile. Sistem audio dilengkapi dengan Smart Amplifier, ASUS Audio Booster, Dolby Atmos®, dan super-linear speaker bersertifikasi Harman Kardon.

Keyboard ASUS ErgoSense dirancang untuk kenyamanan mengetik dengan suara tombol yang lebih senyap. Dilengkapi dengan IR camera berbasis AI dan mikrofon dengan AI noise-cancellation, Zenbook 14 OLED adalah laptop ultraportable premium yang menawarkan pengalaman pengguna terbaik.

Durabilitas

ASUS Zenbook 14 OLED  adalah laptop AI ultraportable premium dengan durabilitas terbaik, terbukti dengan sertifikasi uji ketahanan militer AS (MIL-STD-810H). Desainnya yang tangguh membuatnya lebih aman saat dibawa bepergian.

Laptop ini juga ramah lingkungan dengan jejak karbon hingga 50% lebih rendah dibandingkan laptop sekelasnya dan packaging yang sepenuhnya dapat didaur ulang, menjadikan Zenbook 14 OLED pilihan ideal bagi pengguna yang peduli terhadap lingkungan.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: