Cegah Aksi Kejahatan, Pemprov DKI Tambah Ribuan Personel untuk Acara Jakarta Marathon

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 20 Juni 2024 | 23:06 WIB
Petugas Satpol PP. (Foto/Beritajakarta).
Petugas Satpol PP. (Foto/Beritajakarta).

BeritaNasional.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya bakal menambah personel Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) dalam acara Jakarta International Marathon 2024 pada Minggu (23/6/2024) mendatang.

Hal ini dilakukan akibat adanya aksi jambret yang viral di area Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada 16 Juni 2024 lalu.

Heru berujar, Satpol PP yang akan berjaga berjumlah 2.400 personel dan Dishub 1.500 anggota.

"Kemarin saya sudah rapatkan, Trantib (Satpol PP) akan mengerahkan kurang lebih 2.400, Dinas Perhubungan mengerahkan 1.500 anggota," kata Heru di Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (20/6/2024).

Diberitakan sebelumnya, viral beberapa foto milik seorang fotografer Roni Asnan yang memotret dua orang jambret saat beraksi di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat pada Minggu (16/6/2024).

Foto itu berhasil mengabadikan dua orang yang menggunakan sepeda motor sedang menjambret di area CFD.

Asnan mengatakan, peristiwa itu terjadi di depan Hotel Sahid sekitar pukul 06.15 WIB. Saat itu, dua jambret mengincar warga berusia sekitar 15 tahun yang sedang berolahraga dengan keluarganya.

"Tiba-tiba dari arah Semanggi menuju Bundaran HI, motor Honda Beat berboncengan menjambret HP milih anak salah satu pe-jogging," kata Asnan ketika dikonfirmasi, dikutip Selasa (18/6/2024).

Asnan berujar, banyak orang juga yang sudah berteriak bahwa ada jambret. Bahkan, Satpol PP pun sudah mengejar untuk menangkap dua penjambret. Sayangnya, mereka berhasil lolos.

"Saya yang memang sudah terbiasa menangkap momen olahraga reflek untuk memotret pelaku," ujar Asnan.

Foto itu kemudian diunggah Asnan di akun media sosial Instagram miliknya @asnanfoto. 


 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: