Kemenag Sebut Persoalan Tenda Jemaah Haji di Mina selalu Berulang Setiap Tahun

Oleh: Panji Septo R
Sabtu, 22 Juni 2024 | 15:15 WIB
Jemaah haji asal Indonesia. (Foto/Kemenag).
Jemaah haji asal Indonesia. (Foto/Kemenag).

BeritaNasional.com - Kementerian Agama (Kemenag) angkat suara terkait masalah penyeleggaraan haji 2024 yang hendak diteruskan Ketua Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ke panitia khusus (pansus). 

Salah satu persoalannya berkaitan dengan kurangnya tenda haji di Mina yang menyebabkan ketidaknyamanan jemaah dalam prosesi ibadah tersebut.

Direktur Bina Haji Ditjen PHU Kemenag Arsyad Hidayat mengakui jika hal itu sudah terjadi pada tahun sebelumnya. Hal itu sesuai dengan temuan yang ada di lapangan.

“Itu selalu terulang dari tahun-tahun sebelumnya, contoh masalah temuan di keloter JKS 49 kaitan dengan kondisi tenda di Mina,” ujar Arsyad dalam diskusi virual bertajuk "Nanti Kita Cerita Tentang Haji Hari Ini" di YouTube Trijaya FM, Sabtu (22/6/2024). 

Menurutnya, ruang atau tempat yang diberikan kepada jemaah haji dari otoritas Arab Saudi hanya 0.87 meter persegi saja. 

“Jadi memang aslinya sudah seperti itu,” tuturnya.

Meski demikian, ia mengatakan pihak Indonesia secara aktif melakukan komunikasi dengan pihak Arab Saudi untuk meningkatkan fasilitas yang ada. 

Sehingga ke depannya jemaah Haji asal Indonesia bisa mendapatkan kenyamanan.

“Bagaimana supaya layanan dan fasilitas yang diberikan kepada jemaah haji itu ditingkatkan. Saat ini sudah ada upaya ke arah sana,” tutup dia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: