Atasi Polusi Jakarta, BPBD Akan Koordinasi dengan BMKG untuk Modifikasi Cuaca

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 23 Juni 2024 | 14:24 WIB
Ilustrasi Kota Jakarta. (Foto/GKJ)
Ilustrasi Kota Jakarta. (Foto/GKJ)

BeritaNasional.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan BMKG untuk melakukan modifikasi cuaca.

Pelaksanaan modifikasi cuaca ini dilakukan untuk mengatasi kondisi udara Jakarta yang memburuk dalam beberapa pekan terakhir.

“Kami akan berkoordinasi dengan BNPB dan BMKG mengenai arahan Pj Gubernur untuk melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) di Jakarta, seiring dengan kondisi udara Jakarta yang memburuk beberapa waktu terakhir,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, Minggu (23/6/2024).

Isnawa menyebutkan bahwa TMC sebelumnya pernah dilakukan di wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk mengatasi kondisi cuaca ekstrem dan polusi udara, misalnya pada akhir tahun 2022.

Kala itu, lanjut Isnawa, BPBD berkoordinasi dengan tim gabungan TMC yang terdiri dari BMKG, BRIN, BNPB, dan TNI AU untuk melakukan penyemaian garam di kawasan Jakarta guna menangani potensi cuaca ekstrem yang terjadi.

“Pada pertengahan tahun 2023, TMC juga pernah dilakukan untuk mengatasi pencemaran udara di Jakarta pada saat musim kemarau dengan kolaborasi dari tim gabungan,” ucap Isnawa.

"Upaya yang dilakukan ini tentunya bertujuan untuk memastikan polusi udara di Jakarta dapat terkendali dan tidak memberikan dampak lanjutan yang serius bagi masyarakat Jakarta," tambahnya.

Saat ini, BPBD DKI akan kembali melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk kembali melakukan TMC, salah satunya adalah BMKG.

"BMKG telah membentuk kedeputian yang khusus bekerja melakukan operasi modifikasi cuaca, yang nantinya dapat membantu Jakarta untuk membahas lebih teknis mengenai pelaksanaan operasional TMC ke depan," tandas Isnawa.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: