Belarus Siap Pakai Senjata Nuklir jika Diperlukan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 25 Juni 2024 | 08:00 WIB
Ilustrasi senjata nuklir (Foto/Pixabay)
Ilustrasi senjata nuklir (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Latihan militer gabungan Rusia dan Belarus telah menunjukkan bahwa angkatan bersenjata Belarus siap menggunakan senjata nuklir taktis jika diperlukan. Hal ini diungkapkan Menteri Pertahanan Belarus Viktor Khrenin pada Minggu (23/6/2024).

"Pelatihan yang dilakukan bersama dengan rekan-rekan Rusia kami menunjukkan kesiapan tempur yang tinggi dari personel militer kami, serta pelatihan tingkat tinggi dan kemampuan mereka untuk melakukan tugas-tugas ini," kata Khrenin kepada stasiun televisi Belarus CTV.

"Militer Belarus mampu dan siap menggunakan senjata nuklir jika diperlukan," ujarnya.

Pada saat yang sama, Khrenin mengatakan, Rusia tidak perlu mengerahkan lebih banyak senjata di Belarus, karena senjata yang sudah dikerahkan sudah cukup untuk memenuhi tugas yang diperintahkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Awal pekan ini, Putin mengatakan dia tidak menutup kemungkinan akan memasok senjata ke negara lain sebagai tanggapan atas pengiriman persenjataan Barat ke Ukraina.

Khrenin menggambarkan asumsi bahwa senjata semacam itu akan dipasok ke Belarus sebagai "omong kosong", karena tindakan tersebut tidak dapat dilakukan tanpa izin dari presiden Belarus.

Dikutip dari Antara, doktrin militer Negara Kesatuan Rusia dan Belarus dengan jelas mengemukakan perihal dalam kasus apa senjata nuklir taktis dapat digunakan.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: