Pemerintah Bangun 2 Gudang Logistik di Papua, Ada Yang di Daerah Rawan KKB

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 25 Juni 2024 | 11:15 WIB
Ilustrasi gudang logistik. (Foto/Freepik)
Ilustrasi gudang logistik. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Pemerintah sedang membangun dua gudang logistik di Distrik Sinak dan Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, untuk mengatasi kelaparan di sana.

Plt Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Sorni Paskah Daeli mengatakan pembangunan gudang di Sinak sudah mencapai 96 persen per 14 Juni.

Sementara itu, aparat keamanan masih membersihkan area di Distrik Agandugume.

“Di Agandugume masih clearing, petugas keamanan masih membersihkan daerah itu karena daerah Agandugume adalah persilangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) itu,” kata Sorni di Kantor Kemenko PMK pada Senin (24/6/2024).

Sorni menjelaskan aparat keamanan juga membuat pos di sana. Sebab, aparat akan ikut dalam pembangunan dan pengamanan.

“Pengelolaan BNPB, tapi yang mengerjakan tentara, termasuk keamanan. Ke depan akan diserahkan ke pemda. Pemda kan yang lebih tahu kebutuhannya dan komunikasi dengan masyarakat,” ujar Sorni.

Bukan hanya itu, Sorni juga mengungkapkan saat ini dibangun jalan dari Sinak ke Agandugume. Bahkan, sudah ada landasan udara di Sinak.

“Itu sudah masuk di dana otsus Papua, dianggarkan, tiga tahun berturut-turut mulai tahun ini. Saya komunikasi dengan bupati di Puncak, itu sudah 10 persen pembangunan jalannya. Kemungkinan selesai dua tahun ke depan,” ucap Sorni.

Meski demikian, masih terjadi kelaparan di Agandugume. Kelaparan itu biasanya terjadi pada Juni. Untuk mengatasi masalah ini, lanjut Sorni, pihaknya telah menyiapkan logistik di Timika.

“Kalau ada permintaan dari pemerintah Puncak, sudah bisa langsung dibawa,” tambahnya.

Sebagai informasi, rencana pembangunan gudang ini sebelumnya diungkapkan Menko PMK Muhadjir Effendy tahun lalu. Saat itu, Muhadjir datang meninjau wilayah yang terdampak bencana kekeringan dan kelaparan di Puncak.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: