Belum Ada Rencana Prabowo Ajak Rivalnya Gabung di Pemerintahan Mendatang

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 26 Juni 2024 | 10:45 WIB
Presiden terpilih Prabowo Subianto. (Foto/Tim Prabowo).
Presiden terpilih Prabowo Subianto. (Foto/Tim Prabowo).

BeritaNasional.com - Gerindra belum mendengar niat Presiden terpilih Prabowo Subianto mengajak rivalnya di Pilpres 2024 lalu, untuk bergabung ke kabinet pemerintahan mendatang. Namun, Prabowo terbuka mengajak siapapun menjadi menterinya.

"Apakah Pak Prabowo juga akan mengangkat calon presiden yang berbeda dengan beliau sebagai Anies dan Ganjar yang punya hak prerogatif adalah beliau, saya belum pernah mendengar," kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Hal itu sudah dicontohkan Presiden Joko Widodo ketika Pemilu 2019. Saat itu, Jokowi mengajak rivalnya Prabowo Subianto untuk bergabung ke pemerintahan. Prabowo menjadi menteri pertahanan hingga kini.

"Itu sudah dicontohkan oleh Pak Jokowi di tahun 2019. Situasi politik bisa menjadi reda, politik bisa menjadi adem keguyuban kebersamaan kegotongroyongan kerukunan bisa tercipta," kata Muzani.

Ia pun menjamin Prabowo terbuka mengajak siapapun menjadi menterinya. Prabowo adalah sosok yang selalu mencari persamaan untuk memperkuat kebersamaan.

"Beliau selalu mencari persamaan cara pandang yang bisa memperkuat persatuan kebersamaan kegotongroyongan meskipun pada pilihan politik yang berbeda. Karena itu beliau tidak punya halangan untuk mengangkat siapapun untuk menjadi itu," kata Muzani.

Sementara, Muzani mengatakan, sampai hari ini juga belum ada rencana Prabowo bertemu dengan Anies Baswedan. Muzani belum menerima laporan Anies meminta waktu untuk bertemu ketua umum Gerindra itu.

"Saya tidak tahu kalau Mas Anies minta waktu untuk ketemu dengan Pak Prabowo, tapi sebelum ke sini saya terlambat karena ketemu Pak Prabowo. Pak Prabowo tidak bercerita bahwa ada kehendak atau keinginan dari Mas Anies untuk ketemu dengan beliau, dan sampai sekarang belum ada Pak Anies ketemu saya," kata Muzani.

Muzani memastikan, Prabowo tidak punya halangan untuk bertemu dengan siapapun. Peluang Anies menemui Prabowo tetap terbuka.

"Pak Prabowo tidak punya halangan untuk bertemu dengan siapapun. Selama ini Pak Prabowo bertemu dengan orang yang berbeda pilihan, berbeda pandangan, bahkan berbeda politik. Beliau merasa bahwa semua pemimpin adalah orang-orang yang memiliki potensi, karena itu Pak Prabowo tidak punya halangan untuk bertemu dengan siapapun," katanya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: