Negara Peringkat 3 Terbaik Euro 2024 Lolos ke 16 Besar, Siapa Saja Yang Berpeluang?

Oleh: Tarmizi Hamdi
Rabu, 26 Juni 2024 | 10:30 WIB
Daftar negara yang saat ini berpeluang lolos ke 16 besar lewat peringkat 3 terbaik Euro 2024. (Tangkapan layar laman UEFA)
Daftar negara yang saat ini berpeluang lolos ke 16 besar lewat peringkat 3 terbaik Euro 2024. (Tangkapan layar laman UEFA)

BeritaNasional.com - Rangkaian pertandingan terakhir grup Euro 2024 sedang berlangsung. Babak 16 besar pun mulai diisi oleh tim nasional (timnas) yang lebih dulu lolos dengan menempati peringkat pertama dan runner-up. 

Misalnya, Jerman, Swiss, Spanyol, Italia, Inggris, Denmark, Austria, Prancis. Dari timnas yang lolos ke 16 besar itu, saat ini pada Rabu (26/6) baru dipastikan dua laga. Yakni, Swiss vs Italia dan Jerman vs Denmark.

Sementara itu, timnas lainnya menunggu pertandingan terakhir di grup E dan F pada Rabu dan Kamis (27/6) dini hari WIB.

Nah, menariknya, empat timnas dengan peringkat 3 terbaik Euro 2024 di babak grup otomatis lolos ke 16 besar. Saat ini, ada nama Belanda di posisi teratas. Diikuti oleh Slovakia, Slovenia, Hungaria.

Berikut timnas yang lebih dulu lolos dan yang tidak bisa lolos ke babak 16 besar:

Lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup : Austria, Inggris, Jerman, Portugal, Spanyol

Lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up grup : Denmark, Prancis, Italia, Swiss

Lolos ke babak 16 besar sebagai tim peringkat ketiga terbaik : Belanda, Slovenia

Dipastikan di peringkat ketiga, bisa lolos : Hongaria

Tidak dapat mencapai babak 16 besar : Albania, Kroasia, Polandia, Skotlandia, Serbia

Diketahui, dua tim teratas di setiap grup ditambah empat tim peringkat ketiga terbaik melaju ke babak 16 besar.

Dengan empat grup yang kini menyelesaikan pertandingan, Belanda dan Slovenia dipastikan melaju ke babak 16 besar.

Tim yang finis ketiga di Grup E akan lolos ke babak 16 besar dengan empat poin. Jika mendapat tiga poin, perbandingan dengan Hongaria akan dimulai dengan selisih gol.

Permutasi di bawah ini hanya untuk informasi, perhitungan resmi akan dilakukan UEFA setelah semua pertandingan grup selesai sesuai dengan pasal 20 dan 21 Peraturan Kejuaraan Eropa UEFA . Contoh-contoh ini mungkin tidak mencakup semua situasi potensial.

Bagaimana empat tim peringkat ketiga terbaik ditentukan?

Untuk menentukan empat tim peringkat ketiga terbaik, kriteria berikut diterapkan, dalam urutan yang diberikan:

A. Jumlah poin lebih tinggi;
B. Selisih gol yang unggul;
C. Jumlah gol yang dicetak lebih banyak;
D. Jumlah kemenangan yang lebih tinggi;
e. Total poin disiplin yang lebih rendah hanya berdasarkan kartu kuning dan merah yang diterima pemain dan ofisial tim di semua pertandingan grup (kartu merah = 3 poin, kartu kuning = 1 poin, pengusiran dua kartu kuning dalam satu pertandingan = 3 poin);
F. Posisi dalam peringkat keseluruhan Kualifikasi Eropa (lihat Pasal 23 ), atau jika Jerman, tim asosiasi tuan rumah, terlibat dalam perbandingan, pengundian.

Setelah empat tim peringkat ketiga terbaik ditentukan, Pasal 21.05 peraturan menjelaskan tim peringkat ketiga mana yang akan bermain pada seri mana. Hanya setelah keempat tim diketahui, alokasi untuk setiap pertandingan babak 16 besar dapat dilakukan.

Tim peringkat ketiga saat ini Rabu: 

Grup A : Hungaria*
Grup B : Kroasia*
Grup C : Slovenia*
Grup D : Belanda*
Grup E : Slovakia
Grup F : Ceko

Bagaimana nasib tim peringkat ketiga sebelumnya?

Sistem ini diperkenalkan untuk Euro 2016 dengan Portugal di antara tim yang finis ketiga di grup mereka. Pasukan Fernando Santos mencapai babak 16 besar hanya dengan selisih gol – sebelum akhirnya mengangkat trofi.

Portugal kembali finis ketiga di Euro 2020, tetapi tersingkir di babak 16 besar sementara Ceko, Swiss, dan Ukraina semuanya melaju ke perempat final.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: