KPU DKI Jakarta Lakukan Coklit Data Pemilih Pilgub Jakarta 2024 hingga 24 Juli

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 26 Juni 2024 | 09:45 WIB
Suasana ruang sidang KPU RI, Jakarta, Selasa (23/4/2024). (BeritaNasional.com/Oke Atmaja)
Suasana ruang sidang KPU RI, Jakarta, Selasa (23/4/2024). (BeritaNasional.com/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - KPU DKI Jakarta mengumumkan petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) tengah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi DKI Jakarta Fahmi Zikrillah menyatakan coklit dilakukan sejak 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

"Coklit merupakan pintu pertama untuk menyisir data pemilih dan memastikan semua warga DKI Jakarta yang sudah memenuhi syarat dapat didata dalam daftar pemilih", kata Fahmi dalam keterangan resminya pada Rabu (26/6/2024).

Karena itu, Fahmi berharap pantarlih dapat bekerja dengan sungguh-sungguh saat melakukan coklit agar data pemilih yang dihasilkan akurat, komprehensif, dan mutakhir.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris KPU Provinsi DKI Jakarta Dirja Abdul Khadir menegaskan saat ini pihaknya mendistribusikan logistik atribut pantarlih ke seluruh satuan kerja KPU kabupaten/kota se-DKI Jakarta.

"Seluruh petugas pantarlih wajib menggunakan atribut pantarlih secara lengkap pada saat melakukan coklit di lapangan," tegasnya.

Untuk menyukseskan proses coklit ini, KPU DKI Jakarta telah menggelar pelatihan bagi PPK/PPS. Pelatihan ini disebut training of trainers.

Dalam pelatihan ini, para peserta diajarkan cara untuk menggunakan aplikasi Sidalih dan e-Coklit guna meminimalkan kekeliruan saat pemutakhiran data pemilih. 

Dengan adanya pelatihan ini, PPK dan PPS diharapkan dapat melakukan bimbingan teknis (bimtek) kepada pantarlih dengan baik.

Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata mengatakan, data pemilih merupakan salah satu indikator kesuksesan Pilkada sehingga PPK/PPS diharapkan dapat menyampaikan bimtek kepada pantarlih dengan sebaik mungkin agar coklit dapat berjalan dengan lancar.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: