PDIP Akui Duet Anies-Sohibul Sangat Menarik

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 26 Juni 2024 | 10:33 WIB
Anies Baswedan bersama dengan Sohibul Iman. (Foto/pks.id).
Anies Baswedan bersama dengan Sohibul Iman. (Foto/pks.id).

BeritaNasional.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga menilai duet Anies Baswedan dan Sohibul Iman di Pilgub Jakarta sangat menarik. Ia yakin partai lain bakal mencermati duet yang diusulkan oleh PKS itu.

"Ini sekarang hari ini sudah ada PKS katakan mengajukan Pak Anies dan Pak Sohibul Iman itu suatu hal yang menarik. Tentu partai lain akan juga memperhatikan itu," katanya kepada wartawan, dikutip Rabu (26/6/2024).

Menurut Eriko, pasangan Anies-Sohibul belum tentu sudah final akan maju. Karena partai-partai di Jakarta tidak ada yang bisa mengusung calon gubernur sendiri.

"Hanya saya sekali lagi dengan segala kerendahan hati tidak ada satu partai pun yang bisa mencalonkan sendiri, termasuk PDI Perjuangan, termasuk PKS," kata Eriko.

Sehingga ia yakin duet Anies-Sohibul masih bisa berubah. Apalagi perjalanan menuju pendaftaran di bulan Agustus masih panjang.

"Kan belum tentu kan. Karena belum ada yang namanya keputusan final. Dan ini masih cukup lama teman-teman media, masih nanti bulan Agustus," kata Eriko.

Bahkan sampai sehari sebelum pendaftaran, duet apapun yang diusulkan masih dapat berubah.

"Jangankan itu, satu hari sebelum pendaftaran pun masih bisa berubah, ya namanya kalkulasi politik kan bukan kalkulasi sekedar matematika biasa, tetapi banyak yang dipertimbangkan," kata Eriko.

Sebelumnya, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengumumkan mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta. Keputusan itu diambil melalui rapat Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada Kamis (20/6/2024).

"DPTP baik PKS pada rapat hari Kamis 20 Juni 2024 telah memutuskan, mengusung bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan bapak Muhammad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur, siap memperjuangkan memenangkannya?" ujar Syaikhu dalam acara Sekolah Kepemimpinan Partai (SKP) DPP PKS di Hotel Sahid, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2024).

Syaikhu mengatakan, nama pasangan ini sudah ada yang menyebut singkatannya sebagai AMAN. 

"Kami meyakini pasangan Anies Sohibul Iman ada yang sudah mereka-reka (menyebut) juga singkatannya, AMAN katanya. Nanti terserahlah," katanya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: