KPU Jakarta Coklit 8,3 Juta Pemilih untuk Pilkada 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 26 Juni 2024 | 13:05 WIB
KPU DKI Jakarta mulai melakukan coklit. (Foto/KPU DKI Jakarta).
KPU DKI Jakarta mulai melakukan coklit. (Foto/KPU DKI Jakarta).

BeritaNasional.com - KPU DKI Jakarta memperkirakan, terdapat 8.315.669 orang yang masuk dalam daftar pemilih dalam Pilkada 2024 mendatang.

Kepala Divisi Data dan Informasi KPU DKI Jakarta Fahmi Zikrillah mengatakan, 8,3 juta orang itu akan dicek secara langsung oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dalam tahapan pencocokkan dan penelitian (coklit).

Adapun proses coklit ini telah dimulai sejak Senin (24/6/2024) hingga Rabu (24/7/2024) mendatang, alias tahapan ini akan berlangsung selama satu bulan penuh.

"Mereka akan mendatangi pemilih secara langsung dari rumah ke rumah untuk memvalidasi dengan mengecek KTP elektroniknya," kata Fahmi dalam keterangannya, Rabu (26/6/2024).

"(Pantarlih akan) memastikan semua warga Jakarta yang sudah memenuhi syarat di data dalam daftar pemilih dan mencoret mereka yang tidak memenuhi syarat untuk Pilkada mendatang," tambahnya.

Oleh karena itu, Fahmi mengimbau kepada seluruh warga Jakarta untuk dapat menyambut kedatangan Pantarlih dengan menyiapkan dokumen kependudukan seperti KTP elektronik, kartu keluarga, atau biodata kependudukan/Identitas Kependudukan Digital. 

Fahmi menegaskan, proses coklit ini merupakan tahapan yang sangat krusial dan penting. Sebab, dampak dari hasil pemutakhiran data tersebut akan menjadi dasar menentukan kebutuhan logistik untuk Pilkada.

"Jumlah surat suara yang akan dicetak, jumlah TPS yang akan didirikan termasuk jumlah KPPS yang akan bertugas itu sangat tergantung dari hasil pemutakhiran data pemilih ini yang nantinya akan kita tetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT), " jelas Fahmi.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: