Eks Penyidik KPK Sebut Harun Masiku Memiliki Donatur dengan Finansial Kuat

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 27 Juni 2024 | 17:25 WIB
Harun Masiku/RRI.co.id
Harun Masiku/RRI.co.id

BeritaNasional.com -  Eks Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo, meyakini ada orang yang membiayai buronan kasus suap eks Caleg PDIP Harun Masiku.

Menurutnya, Harun Masiku tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang tersebut lantaran aliran uangnya sudah diputus oleh lembaga antirasuah.

"Tentu tidak bisa dipungkiri lagi diduga ada orang yang dari sisi finansial mampu untuk membiayai pelariannya, menyembunyikan dia," ujar Yudi kepada Beritanasional.com, Kamis (27/6/2024).

Yudi mengatakan pelarian yang dilakukan Harun Masiku memerlukan biaya besar lantaran sudah empat tahun kasus tersebut berjalan.

"Kita tahu dia sudah empat tahun lebih melarikan diri menghilang tanpa jejak tidak bisa ditangkap KPK, tentu membutuhkan akomodasi ataupun biaya selama melarikan diri," tuturnya. 

Ia menduga ada orang yang memiliki kuasa dengan kapasitas finansial yang banyak untuk menyembunyikan buronan tersebut.

Pasalnya, Harun Masiku membutuhkan banyak hal untuk bisa tetap hidup selama menjadi buron, mulai dari pakaian, tempat tinggal, makanan, dan lain-lain.

"Tentu biaya hidup itu kan mulai dari tempat tinggal, makan, pakaian, dan biaya hidup lainnya. Selain itu, Harun Masiku ini pasti posisinya berpindah-pindah," kata dia.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: