Euro 2024 Swiss vs Italia: Fakta Pertemuan hingga Prediksi Susunan Pemain

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 29 Juni 2024 | 16:30 WIB
Swiss vs Italia di babak 16 besar Euro 2024. (Foto/UEFA)
Swiss vs Italia di babak 16 besar Euro 2024. (Foto/UEFA)

BeritaNasional.com - Tim Nasional (Timnas) Swiss menantang sang juara bertahan Euro, Italia, di babak 16 besar Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, pada Sabtu (29/6) pukul 23.00 WIB.

Sebelum menyaksikan pertandingan tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui kekuatan kedua timnas hingga prediksi susunan pemain yang diturunkan nanti malam.

Swiss lolos dari grup A tanpa kekalahan sebiji pun sebagai runner-up. Bahkan, Akanji hampir merebut posisi Jerman di pucuk klasemen sebelum gol penyeimbang Niclas Füllkrug di masa tambahan waktu.

Timnas asuhan Murat Yakin tentu tidak gentar menghadapi lawan mana pun dan tidak akan takut menghadapi juara bertahan Italia di Berlin. 

"Langkah pertama sudah dilakukan. Kami menantikan babak dan lawan berikutnya. Saya harap semua orang lebih menghormati Swiss sekarang," kata kapten Granit Xhaka yang dilansir dari laman UEFA pada Sabtu (29/6).

Pelatih Swiss Murat Yakin mengatakan timnya telah berjuang keras untuk bisa sampai babak 16 besar. Menghadapi Italia adalah pertandingan yang istimewa. 

‘’Tim nasional Swiss selalu menghadapi beberapa pertandingan yang sangat menarik. Kami sangat senang bermain melawan Italia, dan saya pikir ini akan menjadi pertandingan yang sangat terbuka,’’ ucapnya.

Murat yakin dengan kualitas pemainnya untuk bisa mengalahkan Italia meski tidak difavoritkan.

‘’Saya tidak ingin berspekulasi siapa yang lebih difavoritkan. Kami tahu tentang kualitas, taktik, dan temperamen mereka. Jadi, ini pasti akan menjadi pertandingan yang istimewa dan kami berharap hasilnya akan sama seperti pertemuan-pertemuan sebelumnya," tuturnya.

Sementara itu, Italia membutuhkan gol penyeimbang dramatis pada menit ke-98 melawan Kroasia dari Mattia Zaccagni untuk memastikan posisi runner-up di grup B. Momen itu sangat krusial dalam perjalanan mereka di Euro 2024. 

"Kami berjalan selangkah demi selangkah. Kami akan bermain melawan tim kuat lainnya, Swiss, tetapi kami ingin menang dan terus maju," kata penyerang Mateo Retegui.

Pelatih Italia Luciano Spalletti mengaku anak asuhnya belum mengeluarkan kemampuan sepenuhnya dalam perhelatan ini.

"Kami tahu kami belum berhasil menunjukkan seluruh potensi sejauh ini,’’ ungkapnya. Namun, mantan pelatih Inter Milan dan AS Roma mengatakan timnya pantas lolos ke 16 besar dan akan melaju jauh.

‘’Kami pantas lolos meskipun kami memerlukan gol di saat-saat terakhir. Namun, kami yakin bakal terus langkah maju,’’ tuturnya.

Secara histori, kedua tim bertemu di babak penyisihan grup Euro 2020 dengan Italia menang 3-0 di Roma. Jangan heran jika pertandingan babak 16 besar ini akan berlangsung lebih ketat.

Prediksi Susunan Pemain

Italia: Donnarumma; Di Lorenzo, Mancini, Bastoni, Darmian; Barella, Fagioli, Cristante; Chiesa, Scamacca, El Shaarawy

Skorsing: Calafiori

Absen di pertandingan berikutnya jika mendapat kartu kuning: Cristante, Donnarumma, Fagioli, Pellegrini

Swiss: Sommer; Schär, Akanji, Rodríguez; Stergiou, Xhaka, Freuler, Aebischer; Ndoye, Embolo, Vargas

Skorsing: Widmer

Absen di pertandingan berikutnya jika mendapat kartu kuning: Freuler, Ndoye, Rodríguez, Sierro, Xhakasinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: