KPK Menegaskan Penyidikan Terhadap Harun Masiku Tidak Bermuatan Politis

Oleh: Panji Septo R
Senin, 01 Juli 2024 | 12:38 WIB
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (Foto/Panji Septo)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (Foto/Panji Septo)

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah tudingan ada unsur politis dalam pengusutan perkara suap eks Caleg PDIP Harun Masiku yang belakangan gencar dilakukan.

Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika menegaskan penyidikan yang dilakukan lembaga antirasuah tidak memiliki unsur politik.

"Semua tindakan penyidikan yang dilakukan tidak dalam rangka unsur politik," ujar Tessa kepada wartawan, Senin (1/7/2024).

Menurut Tessa, pengusutan kasus yang melibatkan politisi PDIP tersebut merupakan salah satu tugas yang harus ditangani lembaga antirasuah.

"Semata-mata hanya dalam kerangka pemenuhan unsur tindak pidana yang ditangani saja," tuturnya.

Sebelumnya, Penasihat hukum Sekjend PDIP Hasto Kristiyanto, Ronny Berty Talapessy menduga ada unsur politik dalam pengusutan kasus yang melibatkan Harun Masiku.

Sebab, dirinya melihat adanya kenaikan trend kasus Harun Masiku setiap masuk tahun politik. Misalnya, Pilpres dan Pilkada 2024.

"Kami menduga ketika masuk tahun politik, isu ini akan dinaikkan terus," ujar Ronny.

Dirinya mengaku heran mengapa kliennya selalu mendapat panggilan dari aparat penegak hukum pada tahun politik. Menurutnya, panggilan KPK juga terjadi jelang Pilkada 2024.

"Nah ini menjadi pertanyaan buat kami, karena apa? Sekarang masuk tahun politik juga, akan masuk Pilkada 2024," kata dia.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: