Pemprov DKI Targetkan 70 Persen Warga Jakarta Mudah Akses Transportasi Umum

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 02 Juli 2024 | 17:30 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam acara IMF pada Selasa (2/7/2024). (Foto/Pemprov DKI)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam acara IMF pada Selasa (2/7/2024). (Foto/Pemprov DKI)

BeritaNasional.com - Pemprov DKI Jakarta berusaha memperbaiki layanan transportasi umum untuk mencapai target 70 persen people near transit.

Sebagai informasi, people near transit merupakan indikator untuk mengukur jumlah penduduk di daerah perkotaan yang dapat menjangkau transportasi dalam jarak 1 km atau sekitar 10-15 menit dengan berjalan kaki dari tempat tinggalnya.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam acara International Mayor Forum (IMF) pada Selasa (2/7/2024).

"Sebagai pusat aktivitas penduduk, Jakarta berupaya menghadirkan layanan transportasi berkelanjutan dengan mendorong 70 persen people near transit. Ini mayoritas penduduk beraktivitas di sekitar titik simpul moda transportasi," kata Heru dalam sambutannya.

Untuk mencapai target ini, lanjut Heru, Pemprov DKI melakukan pembangunan fasilitas-fasilitas di sekitar stasiun atau halte angkutan massa untuk menunjang peralihan penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi umum.

Heru mencontohkan konsep transit oriented development di Lebak Bulus dan Dukuh Atas. Di Lebak Bulus, terdapat depo MRT, Poins Mall, park and ride, Stasiun MRT Lebak Bulus, dan sebagainya.

Sementara itu di Dukuh Atas, dibangun Stasiun LRT Dukuh Atas, Stasiun KRL Sudirman, dan Stasiun MRT Sudirman. Selain itu, terdapat Taman Kudus, Transport Hub, Terowongan Kendal, dan Waduk Setiabudi Barat.

"Penerapan konsep ini melibatkan pembangunan dan peningkatan transportasi publik secara massal guna menyesuaikan masyarakat beralih menggunakan angkutan umum dalam aktivitasnya sehari-hari," ujar Heru.

"Terkait pengaturan tata ruang, konsep ini juga menciptakan kemandirian kawasan dengan mendorong penyediaan berbagai macam fasilitas untuk aktivitas serta kebutuhan masyarakat dalam radius tempat tinggal mereka sehingga dapat meningkatkan efisien mobilitas penduduk," tambahnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: