Survei Indikator Pilkada Jabar 2024: Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi Unggul Mana?

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 04 Juli 2024 | 17:10 WIB
Ilustrasi kotak suara. (Foto/freepik)
Ilustrasi kotak suara. (Foto/freepik)

BeritaNasional.com - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis temuan simulasi pertarungan antara Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan eks Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Dalam survei tersebut, Indikator mencoba memotret pilihan masyarakat apabila Ridwan Kamil hanya melawan Dedi Mulyadi di Pilkada Jawa Barat 2024.

Hasilnya, Ridwan Kamil mendapat skor 55,1 persen, Dedi Mulyadi 38 persen, sedangkan orang yang menjawab tidak tahu sebanyak 6,9 persen.

"Head-to-Head: Ridwan Kamil unggul dengan 55,1 persen dukungan, diikuti Dedi Mulyadi 38 persen atau terpaut 17,1 persen,” terang paparan Indikator Politik Indonesia dalam kanal YouTube-nya, Kamis (4/7/2024).

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanudin Muhtadi mengatakan dua tokoh yang bersaing tersebut sebagai pertarungan terakhir dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Ini Koalisi Indonesia Maju final, all game final. Karena yang dari oposisi belum kelihatan dari pergerakannya baik dari PIDP maupun PKS,” tuturnya.

Survei tersebut dilakukan pada 20 Juni-27 Juni 2024 dengan 1.214 responden dipilih melalui metode double sampling.

Indikator Politik Indonesia memperkirakan margin of error kurang lebih 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen asumsi simple random sampling. Wawancara responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: