Apa Itu Joki Strava yang Viral di Media Sosial?

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 04 Juli 2024 | 18:32 WIB
Ilustrasi map di aplikasi Strava. (Foto/dok BeritaNasional).
Ilustrasi map di aplikasi Strava. (Foto/dok BeritaNasional).

BeritaNasional.com - Ramai di jagat media sosial mengenai joki Strava. Lantas apasih itu pengertian dari joki Strava? 

Beritanasional mencoba mengartikan joki Strava. Joki menurut KBBI adalah penunggang kuda pacuan atau pengatur yang menangani mesin perekam lagu atau piringan hitam (di studio radio atau diskotek).

Bisa juga dengan kata lain, joki merujuk pada pemberi layanan untuk menjalankan tugas atau aktivitas tertentu atas nama orang lain.

Sementara, Strava adalah layanan pelacakan kebugaran dan olahraga yang diluncurkan pada 18 Agustus 2009. Fungsi utamanya adalah melacak hasil olahraga.

Layanan ini memungkinkan seseorang untuk melacak aktivitas lari, bersepeda, dan hiking mereka dengan memanfaatkan data GPS.

Untuk konteks jasa joki Strava, arti joki di sini digambarkan sebagai 'penunggang' atau orang yang mengerjakan ujian untuk orang lain dengan menyamar sebagai peserta ujian yang sebenarnya dan menerima imbalan uang.

Memang belakangan ini, fenomena joki Strava sedang menjadi perbincangan di media sosial. Hal itu sebagaimana cuitan dari akun X @fsapradana yang viral dan menjadi perbincangan di jagat maya.

"Joki Strava, baru denger. Akibat dari olahraga cuma FOMO dan mencari pengakuan sosial. Padahal olahraga yang terbaik adalah yang dilakukan," cuitnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: