Soal Hasyim Asya’ari Dipecat dari Jabatan Ketua KPU, Begini Kata Megawati

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 05 Juli 2024 | 13:30 WIB
Megawati dalam sebuah momen (Beritanasional/Elvis)
Megawati dalam sebuah momen (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri buka suara soal putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait pemberhentian Hasyim Asy’ari sebagai Ketua dan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Mega mengatakan, ia merasa sedih terhadap peristiwa tersebut. Mega mengaku heran bagaimana seorang pejabat bisa terbukti melakukan asusila.

"KPK itu saya yang buat. Mana mungkin saya gak tau isi perutnya, orang itu saya yang buat. MK saya yang buat, bukan sombong, tanya dah siapa yang buat. Makanya saya tahu lah kurangnya, harusnya bagaimana tidak boleh dimanipulasi," kata Mega dalam acara Pengambilan Pengucapan Sumpah Janji Jabatan Pengurus DPP PDIP yang diperpanjang hingga 2025, Jumat (5/3/2024).

"KPU nah kemarin, itu saya ngomong gini kenapa? Karena saya warga bangsa. Sedih saya melihat yang namanya pemerintahan Republik Indonesia. Kok begitu ya? pusing saya," tambahnya.

Mega berujar, KPU seharusnya mengayomi dan memastikan seluruh warga negara Indonesia berpartisipasi dalam pesta demokrasi tanpa tekanan apapun.

"Padahal fungsinya mengayomi, memberikan, tadi saya ngomong, masih terjaga oleh kemiskinan, ketidakadilan, dan berbagai pembelengguan atas hak-haknya untuk berpartisipasi dengan setara dalam seluruh proses politik ekonomi dan pembangunan kemajuan bangsa," ujar Mega.

Diberitakan sebelumnya, DKPP menyatakan Hasyim terbukti melakukan asusila kepada anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) wilayah Den Haag, Belanda. 

DKPP pun memberhentikan Hasyim sebagai ketua dan anggota KPU dalam putusan yang dibacakan pada sidang putusan terbuka, Rabu (3/7/2024).sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: