Heru Minta Bekasi, Depok, Tangerang untuk Bangun Faskes Berkualitas Setara Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 06 Juli 2024 | 18:00 WIB
Heru Budi di sebuah momen  (Beritanasional/Lydia)
Heru Budi di sebuah momen (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi meminta daerah penyangga untuk membangun fasilitas kesehatan yang berkualitas.

Sebab, Heru melihat banyak warga dari luar daerah datang jauh-jauh hanya untuk berobat di RSUD Jakarta.

"Saya minta teman-teman di kabupaten/kota di sekitar Jakarta fasilitas kesehatan yang baik. Kesehatan juga tidak selesai, banyak yang berobat di RSUD DKI Jakarta," kata Heru kepada wartawan di Jakarta Selatan, dikutip Sabtu (6/7/2024).

Heru mengingatkan kepada para pejabat daerah itu untuk tidak mengkorupsi anggaran pembangunan fasilitas kesehatan tersebut. Pasalnya, penyediaan fasilitas kesehatan yang memadai menjadi kewajiban yang perlu dipenuhi oleh tiap pemerintah daerah.

"Sekali lagi saya ingatkan, jangan dipotong ya. Itu adalah hak-hak warga negara yang harus difasilitasi. Saya tidak bisa melarang itu (warga berobat ke Jakarta) tetapi tadi, kota kolaborasi kota sekitarnya harus sama-sama," ujar Heru.

"Saya sudah ngalamin ini dua tahun DKI, sudah ngalamin bertahun-tahun gak berubah-ubah bagaimana? Daerah lain harus ubah dong. RSUD kebanyakan berobat dari wilayah lain harus kita terima," tambahnya.

Selain meminta fasilitas kesehatan yang baik, Heru juga meminta daerah penyangga membangun sekolah yang kualitasnya setara dengan Jakarta.

Hal itu diminta Heru karena daya tampung sekolah di Jakarta terbatas sehingga ia ingin warga yang benar-benar tinggal di Ibukota dapat bersekolah di daerah asalnya itu.

"Ada anak yang dititipin ke tantenya masukin ke Kartu Keluarga (Jakarta) untuk mendapatkan sekolah yang terbaik di Jakarta. Itu wajar sebagai orang tua dan itu wajar sebagai anak-anak mendapat hak pendidikan," jelas Heru.

"Maka dari itu DKI Jakarta tidak bisa berdiri sendiri dalam menyelesaikan ini, harus bersama-sama dengan kota-kota sekitar Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan. Maka saya titip nanti kepada bupati, wali kota yang terpilih," tandasnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: