Ini Respons KPK ke Megawati: Kami Tidak Pernah Menyinggung Politik

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 09 Juli 2024 | 18:02 WIB
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (Foto/Panji Septo)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (Foto/Panji Septo)

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) angkat suara terkait Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang meminta penyidik lembaga antirasuah Rossa Purbo Bekti menemuinya.

Menurut Ketua KPK sementara, Nawawi Pomolango, pihaknya sudah meminta penyidiknya terus bekerja mengusut kasus suap eks Caleg PDIP Harun Masiku yang sedang buron.

"Saya cuma meminta penyidik saya terus bekerja saja. Bekerja saja terus," ujar Nawawi di Gedung Merah Putih, dikutip Selasa (9/7/2024).

Di sisi lain, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata justru enggan menjawab persoalan tersebut. Pasalnya, ia sudah berulang kali mengatakan pengusutan perkara tak bersifat politis.

"Saya tidak akan menjawab terkait persoalan itu. Sudah berulang kali kami sampaikan, KPK dalam melakukan penanganan perkara korupsi tidak pernah menyinggung afiliasi politik,” tuturnya.

Sebelumnya, Megawati menantang AKBP Rossa Purbo Bekti menghadap dirinya. Hal itu disampaikan dalam pidatonya dalam acara pengucapan sumpah janji jabatan pengurus DPP PDIP.

“Saya berani kalau umpamanya suruh datang Rossa, ngadepin aku," ujar Megawati.

Dirinya lantas mengingatkan bahwa KPK merupakan lembaga yang ia bentuk saat masih menjadi presiden.

"Gile, orang KPK yang bikin itu saya. Gile deh,” kata dia.

Ia juga menyinggung soal pangkat letkol yang dimiliki Rossa. Megawati menegaskan dirinya merupakan panglima tertinggi saat menjabat presiden.

“Panggil dia saja, pangkatnya apa? Apa ini baru letkol saja, belum jenderal. Saya panglima tertinggi yang misahin polisi itu saya,” ujarnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: