Indonesia Kutuk Serangan Israel terhadap Sekolah di Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 10 Juli 2024 | 13:31 WIB
Ilustrasi Israel serang fasilitas termasuk sekolah di Gaza (Foto/Inst Gaza Now)
Ilustrasi Israel serang fasilitas termasuk sekolah di Gaza (Foto/Inst Gaza Now)

BeritaNasional.com - Israel terus melakukan serangan membabibuta terhadap warga Gaza di Palestina. Israel menyerang rumah-rumah, rumah sakit, juga sekolah.Semua fasilitas publik Gaza dihancurkan Israel.

Bahkan banyak negara menilai, Israel merupakan pelaku genosida warga Gaza.

Bahkan yang terbaru, Indonesia mengutuk keras serangan Israel terhadap Sekolah Al-Jaouni di kamp pengungsi Nuseirat di Gaza Tengah. Sekolah ini merupakan sekolah yang dioperasikan oleh UNRWA.

Sekolah Al-Jaouni sendiri, saat dipakai untuk menampung ribuan pengungsi Palestina.  Serangan Israel yang membabibuta tersebut menewaskan setidaknya 16 orang dan melukai 75 lainnya. 

Sekolah Al-Jauni, yang dikelola oleh UNRWA, telah diserang tiga kali sejak 7 Oktober 2023. Serangan ini menyebabkan banyak korban dari warga sipil yang mengungsi di sekolah tersebut. 

Kekejaman serta pelanggaran hukum internasional terus dilakukan oleh Israel dan korban jiwa sipil terus berjatuhan. Oleh karena itu, Indonesia meminta agar DK PBB serta negara-negara pendukung Israel perlu segera mengambil tindakan tegas terhadap Israel.

Sementara itu, pelapor Khusus PBB untuk HAM di Wilayah Pendudukan Palestina Francesca Albanese mengatakan, operasi militer Israel di Gaza adalah tindakan genosida. 

Ia meminta berbagai negara untuk segera menjatuhkan sanksi serta memberlakukan embargo senjata kepada Israel yang terus membantai warga Gaza termasuk anak-anak dan wanita.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: