Apa Itu Investasi? Ternyata Ini Pengertian dan Tujuannya

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 11 Juli 2024 | 06:01 WIB
Ilustrasi dari investasi. (Foto/Freepik).
Ilustrasi dari investasi. (Foto/Freepik).

BeritaNasional.com - Investasi merupakan salah satu kata yang kerap muncul di dalam sebuah perbincangan sehari-hari. Bahkan investasi bisa dibilang sebagai bahasa yang umum digunakan oleh masyarakat.

Lalu apa itu investasi itu?

Investasi adalah suatu kegiatan menanamkan modal, langsung maupun tidak langsung dengan harapan di kemudian hari pemilik modal akan memperoleh manfaat tertentu dari hasil penanaman modalnya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia investasi berarti penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Secara umum, investasi dapat dipahami sebagai pengeluaran atau penggunaan waktu, uang, atau tenaga untuk mendapatkan keuntungan/manfaat di masa depan. Jadi, investasi melibatkan pembelian sesuatu yang diharapkan  akan  dijual kembali di masa depan dengan harga lebih dari nilai aslinya.

Tindakan investasi memiliki tujuan untuk menghasilkan pendapatan dan meningkatkan nilai dari waktu ke waktu. Investasi dapat mengacu pada mekanisme apa pun yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan di masa depan. 

Ini termasuk pembelian obligasi, saham, atau properti real estate. Selain itu, membeli properti yang dapat digunakan untuk memproduksi barang dapat dianggap sebagai investasi.

Tujuan

Investasi memiliki tujuan yang bermacam-macam sesuai dengan jenis investasinya. Misalnya, investasi dana pensiun bertujuan untuk mendapatkan sejumlah dana pada masa tua atau masa pensiun.

Jika investasi dilakukan oleh perseorangan, tujuannya adalah untuk mengumpulkan uang untuk membeli rumah atau tanah di masa depan dan untuk mendanai pendidikan anak di masa depan.

Investasi individu juga bertujuan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik pada masa yang akan datang, mempertahankan pendapatan dari inflasi, serta meninggalkan warisan untuk keluarga.

Penanaman modal yang dilakukan  pihak asing pada suatu negara berkembang dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di negara tersebut. Bagi negara berkembang, penanaman modal asing akan bermanfaat dalam meningkatkan kesempatan kerja, membangun sarana dan prasarana, mengembangkan teknologi dan mendorong pembangunan industri.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: