Doa Tahajud Lengkap dengan Arti, Manfaat, dan Keutamaannya

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 11 Juli 2024 | 00:09 WIB
Ilustrasi salat Tahajud. (Foto/Freepik)
Ilustrasi salat Tahajud. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com -  Doa tahajud merupakan bagian yang sangat penting dalam menjalankan ibadah salat tahajud, salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan.

Melakukan salat tahajud bisa menjadi tantangan karena dilakukan pada tengah malam setelah tidur, membutuhkan niat yang kuat dan konsistensi.

Doa Salat Tahajud:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Latin: Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ‘atu haq

Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh

Arti: Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.

Keutamaan Salat Tahajud

Salat tahajud memiliki keutamaan yang luar biasa dan dianjurkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Isra ayat 79:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Arti: Pada sebagian malam lakukanlah salat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji

Manfaat dan Keutamaan Salat Tahajud

Mendapatkan tempat terpuji di sisi Allah: Salat tahajud menjadi jalan bagi hamba-Nya untuk mendapatkan kedudukan yang mulia.

Memperkuat iman dan takwa: Melalui salat tahajud, seorang hamba bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Meningkatkan kesabaran dan ketabahan: Kebiasaan bangun malam dan beribadah membantu meningkatkan kualitas diri dalam menghadapi berbagai ujian hidup.

Mendapatkan ketenangan batin: Salat tahajud memberikan ketenangan dan kedamaian hati yang sulit dijumpai dalam aktivitas lain.

Diampuni dosa-dosanya: Dengan ketulusan berdoa dan beribadah pada malam hari, Allah memberikan ampunan atas dosa-dosa yang telah lalu.

Salat tahajud adalah ibadah sunnah yang penuh dengan manfaat dan keutamaan. Dengan memahami doa tahajud, artinya, dan keutamaannya, Anda dapat melaksanakan ibadah ini dengan lebih khusyuk dan mendapatkan berbagai kebaikan yang telah dijanjikan.

lupa untuk terus berlatih dan memperkuat niat agar bisa rutin melaksanakan salat tahajud.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: