Belanda Keok dari Inggris, Ronald Koeman Salahkan Keputusan VAR

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 11 Juli 2024 | 17:38 WIB
Pelatih Timnas Belanda Ronald Koeman. (Foto/uefa.com)
Pelatih Timnas Belanda Ronald Koeman. (Foto/uefa.com)

BeritaNasional.com - Pelatih Timnas Belanda Ronald Koeman geram dengan keputusan yang dikeluarkan oleh wasit Felix Zwayer karena memberikan penalti kepada Inggris. Ya, wasit memberikan penalti usai melihat monitor Video Asisten Referee (VAR).

Diketahui pada babak semifinal yang berlangsung di Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB. Belanda sempat unggul terlebih dahulu melalui serangan kuat Xavi Simons.

Setelah itu, pasukan Gareth Southgate mendapatkan hadiah penalti setelah sebelumnya terjadi skrimit di dalam kotak penalti. Kemudian Harry Kane terjauh di kotak penalti usai melesakkan tembakan dan melambung di atas mistar gawang.

Awalnya tidak ada penalti yang diberikan tetapi wasit Felix Zwayer kemudian menunjuk titik putih setelah dia disarankan untuk melihat monitor oleh VAR.

Menurut Koeman, apa yang terjadi bukanlah menjadi sebuah penalti. Sebab ia menilai tidak ada sentuhan yang membahayakan dari Harry Kane.

"Dia menendang bola dan sepatunya bersentuhan,” kata Koeman dikutip dari BBC, Kamis (11/7/2024). 

“Saya pikir kami tidak bisa bermain dengan baik dan ini karena VAR. Itu benar-benar merusak sepakbola,” imbuhnya.

Sementara, Kapten Belanda Virgil van Dijk menilai keputusan penalti menjadi titik balik kekalahan timnya. Ia berkata yang dilakukan Dumfries hanya sekedar blok tanpa adanya gerakan kesengajaan.

“Saya pikir momen penalti adalah momen besar, Inggris punya kepercayaan diri,” paparnya,

“Saya pikir begitu banyak keputusan yang tidak berjalan sesuai keinginan kami, namun saya tidak ingin berbicara tentang wasit,” imbuh dia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: