China dan Rusia Lakukan Latihan Militer Bersama

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 13 Juli 2024 | 16:47 WIB
Ilustrasi latihan militer di laut (Foto/Pixabay)
Ilustrasi latihan militer di laut (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - China dan Rusia mulai melakukan latihan militer bersama di laut pada awal Juli. Hal ini diungkapkan Kementerian Pertahanan China.

Latihan yang dinamai Joint-Sea 2024 itu diadakan di perairan dan wilayah udara yang berdekatan dengan Zhanjiang, berlokasi di selatan Provinsi Guangdong, China.

Latihan tersebut dilaksanakan sesuai dengan rencana keterlibatan militer tahunan dan perjanjian bilateral antara angkatan bersenjata kedua negara.

Tujuan China dan Rusia melakukan latihan militer yakni memperkuat pertahanan kedua negara. Apalagi saat ini NATO semakin gencar menekan kedua negara tersebut,

Latihan itu juga bertujuan untuk mengatasi tantangan keamanan maritim dan menegakkan perdamaian dan stabilitas global dan regional secara kolektif, kata seorang juru bicara.

Meski demikian, latihan militer China dan Rusia selalu membuat sekutu NATO seperti Jepang dan Korea Selatan tidak nyaman. Mereka khawatir dengan latihan gabungan tersebut di dekat perbatasannya, dengan alasan masalah keamanan nasional.

Dikutip dari Antara, Sejumlah analis memandang latihan bersama antara China dengan Rusia itu, selain sebagai wujud kemitraan strategis kedua negara, juga sebagai tanggapan atas kehadiran militer Amerika Serikat dan NATO yang semakin meningkat.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: