Begini Kondisi Trump Pasca Penembakan saat Kampanye

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 14 Juli 2024 | 12:00 WIB
Situasi setelah penembakan di momen kampanye Donald Trump. (Foto/tangkapan layar YouTube VOA)
Situasi setelah penembakan di momen kampanye Donald Trump. (Foto/tangkapan layar YouTube VOA)

BeritaNasional.com - Kandidat calon presiden (capres) Amerika Serikat 2024 Donald Trump mengalami luka di kepala setelah terjadi insiden penembakan saat berkampanye di Pennsylvania, Sabtu (13/7).

Dilansir dari laman VOA Indonesia, menurut tim kampanye, kondisi terkini Trump baik setelah sejumlah tembakan dilepaskan ke arahnya. Kandidat capres dari Partai Republik itu menjalani perawatan di fasilitas medis setempat. 

"President Trump berterima kasih kepada para petugas penegak hukum dan penanggap darurat atas aksi cepat mereka dalam aksi yang mengerikan itu. Dia baik-baik saja dan sedang menjalani pemeriksaan di fasilitas medis setempat. Perincian selanjutnya akan diberikan," kata juru bicara Trump, Steven Cheung, dalam pernyataannya.

Kerumunan massa mendengar sejumlah suara letupan kecil yang mirip dengan tembakan senjata kecil sebelum mantan presiden itu memegang sisi kanan wajahnya dan merunduk. Dia segera dikerumuni oleh petugas pengamanan dari Secret Service dan terdengar berkata 

"Saya ambil sepatu saya dulu," sebelum dia berdiri kembali, dan sekelompok agen mengelilinginya dengan rapat.

Kemudian, dengan darah yang mengucur dari telinga kanannya, dia berulang kali berkata, "tunggu." Dia kemudian mengangkat tangan kanannya dan menunjuk dengan marah ke suatu tempat di jarak tengah dan mengulangi kata satu suku kata yang sama sebanyak tiga kali. Tampaknya itu adalah "lawan, lawan, lawan."

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Secret Service mengatakan tersangka penembak melepaskan tembakan ke arah panggung kampanye dari luar lokasi kampanye, dari tempat yang tinggi. Secret service menembak tewas tersangka. Ia menambahkan seorang peserta kampanye tewas, dan dua lainnya luka parah.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: