Biskita Transdepok Mulai Mengaspal, Menhub Budi Ikut Resmikan

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 14 Juli 2024 | 17:30 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (kanan) saat peresmian Biskita Transdepok.
Menhub Budi Karya Sumadi (kanan) saat peresmian Biskita Transdepok.

BeritaNasional.com -  Biskita Transdepok mulai mengaspal di Kota Depok seiring dengan peresmian yang dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Stasiun LRT Harjamukti, Depok, pada Minggu (14/7/2024).

Stakeholder yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Biskita Trans Depok dengan desain bus Gong Si Bolong dan Tari Topeng Cisalak hadir sebagai fasilitas yang nyaman dan murah bagi masyarakat.

Bus-bus ini dilengkapi dengan sistem pendingin udara serta teknologi pembayaran nontunai yang memudahkan para pengguna.

Menhub Budi mengatakan, layanan bus ini merupakan stimulus dan diharapkan ke depan akan ada kontribusi dari Pemkot Depok melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Kami konsisten melakukan ini dan mengajak pemerintah daerah untuk berkolaborasi. Di Jabodetabek, selain dukungan dari pemerintah pusat, kami berharap pemerintah daerah bisa turut mendukungnya," katanya.

Budi menjelaskan, layanan serupa telah berhasil diterapkan di beberapa kota lain seperti Bekasi, Balikpapan, Surabaya, Semarang, Surakarta, Pekanbaru, dan Padang.

Di Bekasi, layanan ini mampu memangkas waktu perjalanan masyarakat dari 2 hingga 2,5 jam menjadi kurang dari 45 menit saat digabungkan dengan layanan LRT.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono juga menyampaikan harapannya untuk layanan ini agar menjadi solusi efektif mengatasi persoalan mobilitas di kota.

"Terima kasih banyak atas diberikannya sebuah program yang bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat," ujarnya.

"Mudah-mudahan dengan rasa syukur ini ditambah lagi program di tempat-tempat lain, bukan saja dari Margonda, tetapi juga dari Bojongsari dan Sawangan menuju stasiun LRT," sambung Bang Imam.

Dia pun mengimbau masyarakat Depok untuk memanfaatkan layanan Biskita Transdepok.

"Layanan ini akan gratis selama enam bulan pertama. Kami juga siap mendukung program ini melalui alokasi APBD untuk meningkatkan kenyamanan transportasi di Depok," tandas Imam.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: