Polisi Ungkap Sulitnya Tangkap Bandar Besar Narkoba

Oleh: Mufit
Senin, 15 Juli 2024 | 16:30 WIB
Polda Metro Jaya membeber barang bukti narkoba jenis sabu-sabu dan pil ekstasi. (BeritaNasional/Mufit)
Polda Metro Jaya membeber barang bukti narkoba jenis sabu-sabu dan pil ekstasi. (BeritaNasional/Mufit)

BeritaNasional.com - Direktur Reserse Narkoba (Diresnarkoba) Polda Metro Jaya Kombes Pol Donald P. Simanjuntak mengungkap alasan pihaknya kesulitan menangkap bandar besar narkoba. 

Dia menyebutkan bandar narkoba sangat pandai bersembunyi sehingga sulit untuk dideteksi dan ditangkap. 

"Kurir akan melakukan transaksi. Mereka (bandar) juga memonitor untuk beberapa suruhan datang," kata Donald kepada wartawan saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Senin (15/7/2024).

Lebih lanjut, Donald mengakui pihaknya hanya berhasil meringkus para kurir narkoba dalam beberapa waktu terakhir ini. Misalnya, pengungkapan di lahan parkir RS Fatmawati, Jakarta Selatan. 

Kemudian, pengungkapan peredaran narkoba di Ciledug, Tangerang Selatan. Yang terbaru, penangkapan dua kurir narkoba di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Para pelaku dan bandar juga pada saat kegiatan seperti beberapa kasus yang kita ungkap, kurir akan melakukan transaksi," ucapnya. 

Kendati begitu, Donald memastikan pihaknya tengah memburu bandar yang melindungi beberapa kurir yang sudah ditangkap.

"Kami sekarang benar-benar melakukan pendalaman, yaitu bekerja sama dengan instansi terkait dan memonitor para bandar-bandar narkoba ini," tuturnya.

Dalam penangkapan dua kurir narkoba berinisial IM (26) dan FA (31) di Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Sabtu (13/7/2024). Polisi turut mengamankan barang bukti berupa 5 kilogram sabu-sabu dan 23 ribu pil ekstasi. 

Sementara itu, pada penggerebekan sebuah kamar kos-kosan yang menjadi tempat penyimpanan narkoba jenis sabu-sabu di wilayah Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Kamis (11/7/24), polisi berhasil menangkap dua tersangka sebagai kurir.

Saat digeledah di kamar kos tersebut, penyidik menemukan dan menyita 20 bungkus sabu-sabu dengan kemasan teh China dengan berat 20 kilogram. 

Sementara itu, pengungkapan peredaran narkoba di RS Fatmawati, Jakarta Selatan, pada Kamis (4/7/2024), Polda Metro juga berhasil meringkus seorang kurir narkoba dengan barang bukti 48 kilogram sabu-sabu.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: