NATO Siap Bantu Jatuhkan Pesawat Tempur Rusia, AS Tak Setuju

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 16 Juli 2024 | 16:00 WIB
NATO siap bantu jatuhkan pesawat tempur Rusia (Foto/Konrad)
NATO siap bantu jatuhkan pesawat tempur Rusia (Foto/Konrad)

BeritaNasional.com - Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg mengatakan, NATO tidak akan terlibat langsung dalam konflik Ukraina. NATO hanya membatasi bantuannya untuk membantu menjatuhkan pesawat tempur Rusia.

Wakil Menteri Pertahanan Polandia Cezary Tomczyk mengatakan, ia berharap pada KTT NATO lalu membahas apakah Polandia diizinkan untuk menembak jatuh rudal Rusia di Ukraina.

Dikutip dari Sputnik, hingga kini, sikap NATO mengenai keterlibatan militer di Ukraina tetap tidak berubah.

"Aliansi tersebut akan mendukung Ukraina dalam menjatuhkan pesawat tempur Rusia, namun tidak akan terlibat langsung dalam konflik Ukraina-Rusia tersebut," ujar Stoltenberg.

Pada akhir Mei, Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius mengatakan, Berlin dan sekutu lainnya tidak serius membahas kemungkinan penembakan rudal atau drone Rusia di Ukraina. Sebab hal itu bisa berarti partisipasi langsung dalam konflik Ukraina tersebut.

Perdana Menteri Polandia Donald Tusk dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menandatangani pakta kerja sama keamanan 10 tahun yang mencakup ketentuan mengenai mekanisme yang memungkinkan mereka menembak jatuh rudal dan drone Rusia yang menuju Polandia saat mereka berada di wilayah udara Ukraina.

Penasihat Komunikasi Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby menolak gagasan tersebut. Ia mengatakan, Pemerintahan Joe Biden tidak ingin melihat konflik meningkat akibat Polandia yang ikut menjatuhkan rudal Rusia di Ukraina.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: