Survei Litbang Kompas Terkait Bursa Cagub Jakarta: Anies Masih Nomor Wahid, Ahok dan Ridwan Kamil Membuntuti

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 16 Juli 2024 | 11:16 WIB
Calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com -  Litbang Kompas merilis survei elektabilitas calon gubernur Jakarta 2024. Survei digelar pada 15-20 Juni 2024.

Dikutip dari survei yang dirilis Selasa (16/7/2024), hasilnya, mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan memiliki elektabilitas tertinggi. Dengan angka 29,8 persen.

Politikus PDIP Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi pesaing berat Anies menyusul dengan elektabilitas 20 persen.

Sementara tidak ada tokoh lain yang menyaingi elektabilitas Anies dan Ahok sebagai calon gubernur Jakarta. Tokoh lainnya berada di angka di bawah 10 persen.

Ridwan Kamil yang digadang-gadang sebagai calon gubernur dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) hanya memiliki elektabilitas sebesar 8,5 persen.

Selanjutnya, ada nama Menteri BUMN Erick Thohir dengan elektabilitas 2,3 persen. Serta Menteri Keuangan Sri Mulyani 1,3 persen.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep ternyata hanya memiliki elektabilitas sebagai calon gubernur sebesar 1 persen. Diikuti oleh Mensos Tri Rismaharini 1 persen, Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono 1 persen, dan mantan Panglima TNI Andika Perkasa 1 persen.

Tokoh-tokoh lainnya berada di angka 4,3 persen. Sedangkan yang masih belum menentukan pilihan ada sebanyak 30 persen.

Litbang Kompas menggelar survei wawancara tatap muka di Jakarta pada tanggal 15-20 Juni 2024. Survei memiliki 400 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di Provinsi Jakarta.

Survei memiliki margin of error penelitian kurang lebih 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: