DPRD Harap Pemprov DKI Terapkan Sekolah Gratis Tahun Depan

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 17 Juli 2024 | 17:00 WIB
DPRD DKI Jakarta sedang rapat (Foto/DPRD Provinsi DKI Jakarta)
DPRD DKI Jakarta sedang rapat (Foto/DPRD Provinsi DKI Jakarta)

BeritaNasional.com - Komisi E DPRD Jakarta meminta Pemprov DKI untuk segera menerapkan kebijakan sekolah gratis, khususnya sekolah swasta.

Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak berharap, program tersebut dapat dilaksanakan tahun depan. Pasalnya, Pemprov DKI tengah mengkaji mekanisme dari program itu.

"Ini tinggal bagaimana kita menerapkannya. Apakah di tahun 2025 atau 2026. Ya, 2025 paling bisa diusahakan secepatnya karena ini sudah tidak bisa lagi terlalu diulur-ulur," kata Jhonny kepada wartawan, Rabu (17/7/2024).

Bahkan, menurut Jhonny, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono turut menyetujui usulan sekolah gratis ini. Kini, Pemprov DKI sedang mengkaji mekanisme realisasi program tersebut.

"Pj Gubernur pun secara pembicaraan tidak formal dengan saya, beliau juga sangat menyetujui itu. Tinggal kita merapatkan barisan di eksekutif," ujar Jhonny.

Lebih lanjut, Jhonny mengungkapkan alasan pihaknya mengusulkan sekolah gratis. Joni berujar, DPRD sering menerima aduan dari keluarga tidak mampu karena mereka tak bisa bersekolah lagi dan ada ijazah yang ditahan karena belum melunasi biaya pendidikan.

"Kalau ini terjadi, berarti negara abai. Pemprov DKI Jakarta juga lalai dan juga memang tidak punya sence of crisiss dengan orang yang tidak mampu itu," ucap Jhonny.

Kehadiran program KJP Plus juga dinilai belum dapat menyelesaikan persoalan tersebut. Maka dari itu, ia lebih setuju alokasi anggaran KJP dialihkan menjadi sekolah gratis.

"Saya kira dengan APBD DKI Jakarta yang Rp82 triliun lebih itu, ya DKI Jakarta saya pikir bisa lah jadi teladan bagi provinsi lain, karena ini suatu kebutuhan. Dengan adanya KJP ini enggak menyelesaikan persoalan," tandasnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: