Ketua DPP PDIP: Ahok Bisa Kalahkan Anies di Pilgub Jakarta 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 17 Juli 2024 | 15:45 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah sebut Ahok bisa mengalahkan Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024. (Foto/Dokumentasi PDIP)
Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah sebut Ahok bisa mengalahkan Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024. (Foto/Dokumentasi PDIP)

BeritaNasional.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengatakan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berpotensi besar maju sebagai calon gubernur (cagub) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Hal tersebut didasari survei elektabilitas calon gubernur Jakarta yang dirilis Litbang Kompas.

Pada survei itu, Ahok membuntuti Anies Baswedan dengan elektabilitas 20 persen. Said yakin Ahok bisa mengalahkan Anies Baswedan jika maju menjadi cagub.

"Ahok, menurut saya, karena tingkat elektabilitasnya sangat mengejutkan itu potensial bisa mengalahkan Anies," kata Said di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (17/7/2024).

Said menuturkan Ahok punya modal maju sebagai calon gubernur karena kepemimpinannya di Jakarta pada periode 2012-2017. Ia menuturkan pertarungan Pilgub Jakarta 2024 bakal sengit kalau Ahok maju.

"Kalau dipertimbangkan, pasti dipertimbangkan, apalagi Ahok ketua DPP bidang perekonomian. Hemat saya, kepemimpinan Ahok selama di DKI teruji, berhasil, nah kalau Ahok bisa maju dan katakanlah DPP PDI Perjuangan memunculkan Ahok, maka pertarungannya kembali akan sengit," katanya.

Sementara itu, bagi Said, tingginya elektabilitas Anies Baswedan sebagai calon gubernur merupakan hal yang wajar karena baru dideklarasikan. Sementara itu, tingginya elektabilitas Ahok menjadi sebuah kejutan.

"Justru, yang menjadi kejutan yang tidak pernah dideklarasikan seperti Ahok, tiba-tiba juga tinggi, tampaknya itu harapan besar kalau Ahok tiba tiba membuntuti. Bahkan, itu sebenarnya masih tipis sekali," kata ketua Banggar DPR ini.

Said secara pribadi menginginkan Ahok bisa diputuskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai calon gubernur Jakarta yang akan diusung.

"Kalau kami, karena Ahok teman sejawat di DPP, wajar-wajar saja kalau Pak Ahok. Insyaallah, saya berharap sebagai ketua DPP tentu ya karena belum diputuskan oleh DPP partai, belum diputuskan oleh ibu ketua umum, PDI Perjuangan bisa menampilkan Ahok sebagai calon," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: