NasDem Yakin Anies Bakal Kalahkan Ahok jika Maju Pilkada 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 18 Juli 2024 | 15:44 WIB
Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim saat kunjungi PKS (Beritanasional/Elvis)
Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim saat kunjungi PKS (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim menyebut Anies Baswedan siap menghadapi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok apabila diusung di Pilkada Jakarta 2024. Taslim yakin Anies yang bakal menjadi pemenang bila pertarungan Pilkada 2017 lalu diulang kembali. Karena hasilnya sudah terlihat saat Anies mengalahkan Ahok.

"Ya kita siap saja, kan kita sudah pernah. Sudah pernah terjadi dan Anda semua sudah tau hasilnya," kata Taslim di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

NasDem tidak melirik Ahok sebagai calon gubernur potensial. NasDem punya jagoan sendiri yang tengah digodok. Yaitu Anies Baswedan, Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni dan Ketua DPW NasDem Jakarta Wibi Andrino.

"Tapi kan kalau di Jakarta sudah kita jalan sedemikian jauh, sudah pleno antara DPW DKI Nasdem, dengan Bappilu pusat, sudah ada tiga nama yang berproses, Anies Baswedan, Ahmad Sahroni dan Wibi, nah itu mutar terus di sekitar itu, tapi yang mana ya saya belum bisa pastikan," kata Taslim.

Saat ini NasDem tengah intensif berkomunikasi dengan PKS yang juga mengusulkan Anies Baswedan berpasangan dengan Sohibul Iman. Dua pekan lalu Ketua Umum NasDem Surya Paloh sudah bertemu dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. 

"Kemarin itu kan ada pertemuan saya mendampingi Pak Surya dua minggu lalu, pertemuan dengan Presiden PKS hari ini bertemu lagi, nanti bertemu lagi," kata Taslim.

Ia mengaku bahwa saat ini NasDem dan PKS tengah mengejar tenggat waktu pemberian rekomendasi calon gubernur dan calon wakil gubernur.

"Kita punya deadline 31 Juli semua rekomendasi kita sudah terbit, PKS punya deadline 3 Agustus, jadi deket-deket, sabar aja tunggu aja," kata Taslim.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengatakan, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berpotensi besar maju sebagai calon gubernur (cagub) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Hal tersebut didasari survei elektabilitas calon gubernur Jakarta yang dirilis Litbang Kompas.

Pada survei itu, Ahok membuntuti Anies Baswedan dengan elektabilitas 20 persen. Said yakin Ahok bisa mengalahkan Anies Baswedan jika maju menjadi cagub.

"Ahok, menurut saya, karena tingkat elektabilitasnya sangat mengejutkan itu potensial bisa mengalahkan Anies," kata Said di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (17/7/2024).

Said menuturkan Ahok punya modal maju sebagai calon gubernur karena kepemimpinannya di Jakarta pada periode 2012-2017. Ia menuturkan pertarungan Pilgub Jakarta 2024 bakal sengit kalau Ahok maju.

"Kalau dipertimbangkan, pasti dipertimbangkan, apalagi Ahok ketua DPP bidang perekonomian. Hemat saya, kepemimpinan Ahok selama di DKI teruji, berhasil, nah kalau Ahok bisa maju dan katakanlah DPP PDI Perjuangan memunculkan Ahok, maka pertarungannya kembali akan sengit," katanya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: