Jokowi Resmi Lantik Wamenkeu, Wamentan dan Wamen Investasi

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 18 Juli 2024 | 16:01 WIB
Tiga Wamen dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).
Tiga Wamen dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik tiga wakil menteri (Wamen) di Kabinet Indonesia Maju. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Adapun tiga Wamen yang dilantik adalah Thomas Djiwandono sebagai Wamen Keuangan, kemudian Yuliot Tanjung sebagai Wamen Investasi, dan Sudaryono sebagai Wamen Pertanian untuk menggantikan Harvick Hasnul Qolbi.

Pelantikan wakil menteri itu berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 45-m Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Setelah itu, Presiden Jokowi memimpin untuk mengambil sumpah jabatan terhadap wakil menteri yang dilantik dan kemudian diikuti oleh ketiga orang tersebut.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi sambil mendiktekan sumpah jabatan. 

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," imbuh Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut mendampingi Jokowi saat pelantikan sumpah tersebut. Kemudian ada juga Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto di Istana Negara.

Kemudian ada juga Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selanjutnya ada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: