PDIP Pastikan Pilkada Sumut dan Jatim Tak Lawan Kotak Kosong

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 20 Juli 2024 | 16:40 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (BeritaNasional/SinPo.id/Ashar)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (BeritaNasional/SinPo.id/Ashar)

BeritaNasional.com - PDI Perjuangan (PDIP) memastikan tidak akan ada skema melawan kotak kosong dalam Pilkada Sumatra Utara dan Jawa Timur.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya bisa mengusung calon sendiri di Sumatra Utara. Sementara di Jawa Timur, ia sedang berdiskusi dengan partai lain untuk menjalin koalisi.

"PDI Perjuangan di Sumatra Utara bisa mencalonkan sendiri. Di Jawa Timur, kami juga sedang menyiapkan kerja sama politik sehingga kotak kosong itu tidak akan terjadi untuk provinsi Jawa Timur dan Sumatra Utara," kata Hasto kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7/2024).

Menurutnya, PDIP berupaya untuk menyerap aspirasi rakyat guna menghadirkan alternatif pilihan dalam Pilkada. Maka dari itu, ia bakal mengumumkan hal tersebut pada Selasa pekan depan.

"Kami sudah melaksanakan pelatihan tim kampanye pada batch yang ketiga sehingga bagi kami Pilkada bukan sekadar figur, tetapi ini konsolidasi partai, ini pergerakan mesin partai," ujar Hasto.

"Ini keyakinan pada ideologi, ini komitmen kepada rakyat dan tanggung jawab bagi masa depan sehingga berbeda dengan sebelumnya, kami saat ini lebih banyak berfokus pada kabupaten/kota terlebih dahulu dan pelatihan sudah tiga kali diadakan oleh partai," tambahnya.

Sebagai informasi, nama kuat yang akan maju dalam Pilkada Sumatra Utara adalah Bobby Nasution-Surya. Mereka telah mendapatkan dukungan dari PKB, Partai Golkar, Partai Gerindra, NasDem, PAN, dan PPP.

Sedangkan di Jawa Timur, kans besar dipegang oleh Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Tersisa PKB, PDIP, dan Partai NasDem yang belum menunjukkan arah dukungan.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: