Di Hari Anak Nasional 2024, Jokowi Sampaikan Pesan Penting kepada Anak Papua

Oleh: Tarmizi Hamdi
Selasa, 23 Juli 2024 | 12:45 WIB
Presiden Jokowi bersama anak Papua dalam perayaan Hari Anak Nasional 2024 di Jayapura, Papua. (Foto/Tangkapan layar YouTube Setpres)
Presiden Jokowi bersama anak Papua dalam perayaan Hari Anak Nasional 2024 di Jayapura, Papua. (Foto/Tangkapan layar YouTube Setpres)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi memperingati Hari Anak Nasional 2024 di Jayapura, Papua, Selasa (23/7/2024).

Dalam perayaan tersebut, Jokowi meminta agar anak-anak Papua disiapkan untuk memiliki karakter dan wawasan sejak dini.

"Kita melihat ke depan anak-anak Papua harus betul-betul disiapkan tidak hanya pintar dan pandai, tetapi juga berwawasan serta berkarakter," ungkapnya yang setelah mengikuti perayaan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 di Istora Papua Bangkit, Jayapura, Papua, Selasa.

Jokowi yang saat itu mengenakan ikat kepala zimbu dan noken mengatakan anak-anak merupakan generasi masa depan sehingga seharusnya pemerintah giat menyiapkan kepintaran, kepandaian, wawasan, hingga karakter anak sejak dini.

"Perayaan HAN ke-40 ini mungkin pertama kali diadakan secara besar-besaran dan anak-anak menikmati, saya pun juga tidak mau memberi sambutan pidato karena ini adalah harinya berinteraksi dengan anak-anak, bermain, senang-senang," ujarnya yang dikutip dari Antara.

Jokowi juga mengapresiasi anak-anak Papua yang meraih Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk tarian kolosal hari ini.

"Untuk rekor MURI ini, anak-anak Papua sangat kreatif dan itu dimulai dari anak-anak yang tadi kita lihat tarian kolosal, anak-anak sangat menjiwai dan DNA kita memang ada di situ," tuturnya.

Jokowi juga mendorong anak-anak di Indonesia, khususnya Papua, terus belajar.

"Belajar, belajar, dan belajar," ujarnya.

Dalam peringatan Hari Anak Nasional Ke-40 bertema Anak Terlindungi, Indonesia Maju di Papua ini, terdapat beberapa kegiatan seperti menghitung gasing, tarian kolosal, polisi cilik, drum band, dan peragaan busana yang dibawakan anak-anak Papua.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: