Pemprov DKI Bakal Relokasi Warga Kali Mampang dan Krukut ke Rusun Jagakarsa

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 23 Juli 2024 | 14:30 WIB
Ilustrasi pembangunan Rusun Jagakarsa. (Foto/Berita Jakarta)
Ilustrasi pembangunan Rusun Jagakarsa. (Foto/Berita Jakarta)

BeritaNasional.com - Pemprov DKI Jakarta akan merelokasi warga RW kumuh di Kali Mampang dan Kali Krukut, Jakarta Selatan, ke Rusun Jagakarsa.

Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta Meli Budiastuti mengatakan mereka direlokasi karena wilayah tersebut digunakan untuk menata Kali Ciliwung.

"Yang pasti, kami membangun Rusun Jagakarsa. Nanti, merelokasi warga yang terkena (penataan) daerah aliran Sungai Ciliwung. Dipindah ke Rusun Jagakarsa itu," kata Meli di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2024).

Meli menjelaskan pembangunan Rusun Jagakarsa ditargetkan rampung pada Desember 2024. Adapun pembangunan rusun tersebut berlangsung sejak November 2023.

Secara terperinci, Rusun Jagakarsa terdiri atas tiga menara. Masing-masing menara terdiri atas 16 lantai dengan jumlah total 723 unit hunian dengan tipe 36 meter persegi.

Lebih lanjut, Meli juga mengungkapkan strategi DPRKP untuk menata RW kumuh dengan tingkat ringan dan sedang.

Meli mengungkapkan RW kumuh ditata dengan program Rencana Aksi Komunitas (Community Action Plan/CAP) dan Program Implementasi Kebersamaan Masyarakat (Collaborative Implementation Program /CIP) dalam menata lingkungan.

"Perencanaannya itu CAP. Setelah itu CIP-nya berupa program fisiknya, itu dilaksanakan terus. Sampai 2022, CIP-nya sudah selesai sebenarnya. Jadi, kami sekarang meneruskan CAP yang 2023," jelas Meli.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: