KPK Nilai Luhut Punya Semangat Berantas Korupsi

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 23 Juli 2024 | 19:57 WIB
KPK nilai Luhut punya semangat berantas korupsi (Beritanasional/Panji)
KPK nilai Luhut punya semangat berantas korupsi (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) punya semangat untuk memberantas korupsi.

Hal itu diucapkan Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika menyoroti pernyataan LBP yang menilai Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK kampungan. 

"KPK melihat semangat yang beliau sampaikan itu untuk menyempurnakan pencegahan, pendidikan, maupun penindakan yang berbasis asset recovery," ujar Tessa di Gedung Merah Putih, Selasa (23/7/2024).

Akan tetapi, Tessa mengatakan KPK tidak pernah menutup peluang adanya tangkap tangan meski LBP menilai OTT sebagai hal yang kurang baik 

"Namun memang saat ini, ada atau tidak ada komentar beliau, arah fokus KPK khususnya penindakan adalah asset recovery," tuturnya.

Ia lantas membeberkan target penyitaan di penyidikan pada 2022 senilai Rp 240 miliar naik menjadi Rp 1 triliun. Ia mengatakan, KPK berhasil melebihi target sebesar Rp 1,8 penyitaan pada 2023.

"Sehingga anggaran yang diberikan ke KPK dengan asset recovery atau penyelamatan aset ini lebih bermanfaat lah," kata dia.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: